SENTANI (PT) – Dalam rangka mendukung program Distrik Membangun Membangun Distrik (DMMD), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Jayapura turunkan peralatan pendataan penduduk di empat Distrik, yakni Distrik Sentani, Sentani Timur, Demta, dan Nimboran.

“Kita turunkan peralatan ini karena kita mendukung program Bupati Jayapura yaitu DMMD, agar apa yang diharapkan Bupati Jayapura terkait Distrik sebagai pusat data itu bisa dapat terwujud melalui pelayanan kita di empat Distrik tersebut,” ucap Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Jayapura, Herald Berhitu saat dikonfirmasi wartawan di Sentani. Sabtu (18/6) siang.

Menurutnya, apa yang dilakukan pihaknya itu sebagai bentuk pihaknya mencoba meningkatkan pelayanan kepada masyarakat melalui distrik.

“Mengurus KTP dan KK itu kan kita tahu gratis, tetapi menurut saya sebenarnya itu tidak gratis, karena masyarakat yang mau mengurus KTP dan lain sebagainya itu dia berangkat dari rumah membutuhkan uang. Oleh karena itu, dengan adanya peralatan di distrik tentunya akan memperpendek rentang pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.

Herald berharap, Kepala Distrik serta Kepala Kampung dan RT/RW bisa lebih proaktif dalam memastikan masyarakatnya memiliki data penduduk yang lengkap, agar suatu saat ada bantuan dari pemerintah, masyarakatnya bisa mendapatkan juga karena memiliki identitas yang jelas.

“Yang jelas kami harap itu seluruh masyarakat Kabupaten Jayapura itu terdapat di kami atau memiliki identitas yang jelas. Oleh sebab itu, kami harap kepala Distrik dan jajarannya bisa lebih proaktif melihat hal ini,” pungkasnya. (tinus)

LEAVE A REPLY