SENTANI (PT) – Pengurus Kerukunan Masyarakat Batak (KMB) Kabupaten Jayapura periode 2021-2026 resmi dilantik di Hotel Suni Garden Lake Sentani, Sabtu (25/6) siang.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan, KMB harus mampu memainkan peran budayanya dalam membangkitkan adat istiadat di Kabupaten Jayapura.

“Saat ini kebangkitan masyarakat adat di Kabupaten Jayapura memasuki sembilan tahun, dan hal ini menunjukkan bahwa kebangkitan masyarakat adat itu benar-benar nampak, yang mana salah satu didalamnya KMB. Oleh sebab itu, KMB harus benar-benar menampilkan¬† warna tersendiri,” ucap Bupati Jayapura Mathius Awoitauw dalam sambutannya.

Mathius berharap, KMB mampu merangkul kerukunan atau paguyuban yang ada di Kabupaten Jayapura. Agar bersama-sama saling mendukung dalam membangkitkan budaya di Kabupaten Jayapura tetapi Papua pada umumnya.

“Dari Kabupaten Jayapura kita harus bisa tunjukkan kepada dunia bahwa kebangkitan adat yang ada di seluruh Indonesia itu terpancar dari Kabupaten Jayapura maupun Papua pada umumnya, agar kita bisa menjadi contoh yang baik bagi generasi penerus yang akan datang,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua KMB Kabupaten Jayapura, Sihar Tobing saat dikonfirmasi wartawan mengatakan, dalam waktu dekat dirinya akan melakukan pendataan bagi seluruh KMB yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Setelah pendataan kami akan melakukan rapat untuk menentukan program-program apa saja yang akan menjadi fokus utama bagi kami,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tentunya misi dari pihaknya sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Jayapura. Oleh karena itu, pihaknya akan terus bersinergi dalam mendukung program-program Pemerintah Kabupaten Jayapura.

“Membangkitkan SDM maupun adat di Kabupaten Jayapura tentunya merupakan tanggung jawab kami juga, sehingga kami akan terus melakukan kerja dalam mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Jayapura,” pungkasnya. (tinus)

LEAVE A REPLY