JAYAPURA (PT) – Dalam rangka menyerap aspirasi langsung sehingga menjadi bahan laporan, maka Komisi IX DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Papua dalam rangka reses masa persidangan V tahun sidang 2021-2022, Selasa (12/7).

Dalam kunker itu, Komisi IX DPR RI yang diketuai, Emanuel Melkiades Laka Lena menemui Pemprov Papua beserta jajarannya dan instansi terkait di wilayah setempat.

Usai pertemuan itu, Ketua Tim Emanuel mengatakan, pihaknya ingin menyerap berbagai aspirasi menyangkut isu penting di bidang kesehatan, ketenagakerjaan dan kependudukan di Ppaua.

“Misalnya di aspek kesehatan soal penanganan pandemi COVID-19, termasuk penyakit malaria, juga tantangan terkait kebutuhan tenaga kesehatan dan dokter,” jelasnya.

Lanjutnya, pertemuan itu juga menyerap aspirasi soal tantangan dan penanganan masalah stunting yang butuh sinergitas dari pusat sampai tingkat daerah. “Banyak potensi yang bisa dilakukan untuk tangani stunting di Papua tapi semua tergantung bagaimana kita bisa menggerakannya secara sinergis dengan semua kekuatan kita,” imbuhny.

Disamping itu, pihaknya juga mencatat isu ketenagakerajaan di Papua, terkait kebutuhan dan prospek tenaga kerja yang begitu bagus. “Termasuk tadi ada permintaan pelatihan melalui BLK. Saya pikir ini bagus dan tadi pun telah direspon oleh intansi teknis terkait,” katanya.

Ia menilai pertemuan ini sangat baik dan seluruh anggota Komisi IX DPR RI sangat serius memberikan catatan dan merespon berbagai isu penting tersebut.

“Tentunya masukan-masukan bagi kami ini sangat bermanfaat untuk mendukung kinera Komisi IX DPR RI,” tandasnya. (nald)

LEAVE A REPLY