NABIRE (PT) – Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) RI, John Wempi Wetipo, SH, MH didampingi sejumlah pejabat teras di Kemendagri melakukan kunjungan ke Nabire sekaligus tatap muka dengan para Bupati, DPRD, Forkompimda, tokoh masyarakat, agama dan adat, Senin (25/7).

Wamendagri juga didampingi Asisten Bidang Pemerintahan Sekda Papua, Doren Wakerkwa, SH, MH mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua, DR. Musa’ad dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemprov Papua.

Kunjungan Wamendagri ini dalam rangka mengecek kesiapan wilayah Meepago untuk pemekaran Provinsi Papua Tengah dan sekaligus mengajak semua pihak mendukung pemekaran Papua Tengah.

Acara tatap muka tersebut juga dihadiri anggota DPR-RI Dapil Papua, Komarudin Watubun. Usai menggelar tatap muka, Wamendagri bersama rombongan meninjau lokasi pembangunan Kantor Gubernur Papua Tengah seluas 75 hektar milik Suki Wate yang terletak di Kampung Karadiri II, Distrik Wanggar, Kabupaten Nabire.

“Saya mau ajak yang menolak dan pesimis, mari bergabung dan bersatu sudah waktunya kita bersatu untuk membangun kesejahteraan orang Papua,” ungkap Wamendagri.

Wamen Wetipo mengungkapkan, pemekaran ini bertujuan untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya yang ada di Papua. “Untuk mewujudkan hal tersebut, menjadi tanggung jawab Bupati merangkul masyarakat dalam membangun provinsi ini dengan baik,” ajaknya.

Selain itu, semua pihak bertugas meyakinkan pemerintah bahwa negara memberikan kesempatan bagi rakyat Papua untuk membangun rakyatnya sendiri. “Sebab tiga DOB akan menjadi pilot project dalam pembangunan, sehingga Ini merupakan keistimewaan bagi orang Papua,” ucapnya.

Pada kesempatan tatap muka tersebut dilakukan penandatanganan surat pernyataan pinjam pakai dan hibah dana, ASN oleh para Bupati wilayah Mepago kepada pemerintah pusat, serta penyerahan tanah hak wilayah adat, penyerahan aset rumah Pj. Gubernur Papua Tengah, rumah jabatan dan sekda Papua Tengah serta kantor pendukung.

Diketahui Provinsi Papua Tengah meliputi 8 kabupaten yakni Nabire, Paniai, Mimika, Puncak Jaya, Puncak, Dogiyai, Intan Jaya dan Deiyai. (nald)

LEAVE A REPLY