LANNY JAYA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua menyalurkan bantuan berupa sembilan bahan pokok (sembako) sebanyak 1,2 ton kepada korban bencana alam embun beku di Distrik Kuyawage, Kabupaten Lanny Jaya, Sabtu (6/8).

Penyerahan bantuan tersebut langsung diserahkan Gubernur Papua melalui Sekda, Muhammad Ridwan Rumasukun kepada Penjabat Bupati Lanny Jaya, Petrus Wakerkwa di Halaman Kantor Bupati Lanny Jaya di Tiom disaksikan Asisten Sekda Papua Bidang Pemerintahan, Doren Wakerkwa serta Kepala Bappeda Papua Yohanes Walilo

“Intinya setelah Mendagri sampaikan ke kami bahwa kehadiran pemerintah sangat diperlukan di tempat kejadian bencana embun beku, maka kita hari ini berkoordinasi, lalu hadir memberikan bantuan sekaligus melihat secara dekat apa saja yang harus dilakukan kedepan,” terang Sekda Ridwan di sela-sela penyerahan bantuan.

Selain menyerahkan sembako, Pemprov Papua menyerahkan uang tunai sebesar Rp 200 juta untuk penanganan bencana embun beku. Pemprov Papua juga sebelumnya telah mengirim tenaga medis lewat Dinas Kesehatan setempat, berikut makanan siap saji.

“Kami di provinsi akan terus membangun koordinasi dengan Bupati Lanny Jaya dan jajaran. Bahkan apa saja yang dibutuhkan kita siap suport karena kejadian kemanusiaan ini adalah tugas kita semua,” katanya.

Sementara, Penjabat Bupati Lanny Jaya, Petrus Wakerkwa mengapresiasi perhatian Pemprov Papua. Ia pun menegaskan bahwa penyerahan bantuan itu menjadi bukti besarnya perhatian Pemerintah Provinsi Papua terhadap masalah kemanusiaan di Kuyawage.

“Bantuan kepada warga terdampak bencana ini berlangsung terus dari Pemda Lanny Jaya, Pemprov Papua bahkan dari Kemensos. Artinya ini mengklarifikasi isu dari kelompok yang menyebut pemda tidak peduli. Itu tidak benar dan buktinya sekarang Pemda Papua ada disini memberi bantuan. Setelahnya akan langsung kami antarkan,” bebernya.

Ahli Muda Direktorat Bencana Sosial dan Alam, Kemensos RI, Hosea kepada wartawan memastikan bantuan akan langsung disalurkan ke titik terdampak, paling lambat pada Senin pekan depan.

“Kami lihat distribusi bantuan lancar serta cukup,” imbuhnya.

“Bahkan sebelumnya dari Kemensos sudah melakukan distribusi bantuan pada awal Agustus kemarin sebanyak 2,8 ton beras, kemudian 500 paket sembako dan 500 paket pakaian,” pungkasnya. (ist/nald)

LEAVE A REPLY