JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua secara resmi menghibahkan sejumlah venue yang digunakan pada PON XX Papua 2021 kepada Pemkab Mimika, Pemkot Jayapura, Polda Papua, Lanud Jayapura, Uncen, STT GIDI, Selasa (27/9).

Gubernur Papua, Lukas Enembe yang diwakilkan Sekda Papua, Ridwan Rumasukun mengatakan bahwa penyerahan venue ini sangat penting untuk mendukung preatasi olahraga Papua.

Diakui Sekda bahwa penyerahan venue ini kepada pemerintah maupun kepada instansi pemerintah, dunia pendidikan dan lembaga keagamaan sangat penting dalam rangka mendukung dan menumbuh kembangkan semangat olahraga serta semangat mencapai prestasi dikalangan masyarakat dan atlet Papua.

“Venue PON dan PEPARNAS yang kami hibahkan pada hari ini adalah monumen bersejarah yang menjadi saksi bagaimana kita mampu menunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia bahkan ke dunia internasional bahwa kita Papua mampu menyelenggarakan kegiatan olahraga berskala nasional,” tegas Sekda.

Sekda menambahkan, dengan hasil yang menggembirakan pada PON XX dan PEPARNAS XVI serta telah tersedianya road map (blue print) event olaharaga Papua serta kajian akademik kelayakan Papua sebagai Provinsi Olahraga, maka saat ini sedang mendorong agar pernyataan Presiden Joko Widodo bahwa Papua adalah provinsi olahraga dapat dituangkan dalam satu regulasi khusus dari pemerintah.

“Regulasi ini penting agar dalam proses pengembangan keolahragaan Papua kita dapat menyusun rencana yang berkelanjutan sehingga segala sumber daya yang dimiliki, baik oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota dapat mengacu pada sebuah rencana jangka panjang yang goalnya adalah melahirkan atlit berprestasi dari tanah papua ini,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Alexander Kapisa menyampaikan bahwa venue yang dihibahkan adalah venue yang dibangun dengan dana APBD pada saat persiapan pelaksanaan PON XX dan PEPARNAS XVI tahun 2021.

“Hari ini akan diserahterimakan sebagai hibah venue-venue yaitu volley indoor dan volley pasir kepada Polda Papua. Softball dan baseball, lapangan rugby dan menembak outdoor kepada TNI AU Silas Papare. GOR futsal SP2 kepada Pemkab Mimika, lapangan tennis Walikota kepada Pemkot Jayapura, Lapangan softball dan basebal serta Trikora Uncen kepada Uncen dan GOR STT GIDI kepada Sekolah Tinggi Theologia Gereja Injil DI Indonesia (GIDI),” kata alexander Kapisa.

Ia mengharapkan agar venue-venue yang dihibahkan ini tetap dapat diakses oleh atlit-atlit Papua agar prestasi olahraga Papua tetap dapat dipertahankan dan ditingkatkan sebagaimana hasil yang dicapai pada PON XX dan PEPARNAS XVI yang baru lalu.

“Dengan prestasi olahraga yang terus meningkat maka penetapan Papua sebagai Provinnsi Olahraga melalui regulasi dari Presiden akan semakin mudah kita wujudkan,” pungkasnya.

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY