JAYAPURA (PT) – Dalam rangka membangun koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Papua guna adanya kesepakatan penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi Papua (Porprov), maka Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua siap menggelar iven bergengsi tingkat provinsi itu.

Ketua Umum KONI Papua, Kenius Kogoya, SP, M.Si mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Pemprov Papua untuk menyepakati penyelenggaraan Porprov yang seyogianya digelar pada tahun ini.

“Terkait dengan pelaksanaan Porprov yaitu kami (KONI) akan melakukan kordinasi dengan Pemprov Papua untuk meyepakati soal waktu dan juga menyangkut dengan dukungan dari pemerintah terhadap pelaksanaan Porprov,” kata Kenius saat ditemui diruang kerjanya, Rabu kemarin.

“Kita berharap tahun ini bisa kita laksanakan, kalau pun mundur berarti harus diawal tahun, karena masuk bulan September 2022 tahun ini sampai September tahun depan tahun 2023 itu sudah masuk di Pra Kualifikasi atau Pra PON untuk PON XXI Aceh-Sumut,” jelasnya.

Dengan digelarnya Porprov tahun 2022, maka KONI Papua memiliki waktu yang cukup untuk melakukan rekrutmen atlet serta persiapan menjelang PON XXI Aceh-Sumut.

“Ketika kita melakukan Porprov lebih cepat maka rekrutmen atlit pasti kita persiapkan lebih cepat. Dalam sisa waktu yang ada kurang lebih efektif sekitar dua tahun sampai dengan PON itu, paling tidak kita sudah punya stok atlit,” ujarnya.

Menurutnya, KONI Papua telah melakukan verifikasi terhadap atlet-atlet ex PON XX Papua dan sudah ada 80 atlet yang punya potensi untuk kembali berlaga di PON XXI Aceh-Sumut.

“Memang ada atlit-atlit ex PON yang kita lihat dan masih punya potensi untuk mengikuti PON di Aceh-Sumut dan itu sudah kita lakukan verifikasi. Dari verifikasi by name dan number itu, kita sudah punya data sebanyak kurang lebih 80 atlit. Mereka ini dalam waktu kita akan sudah menampung mereka untuk kita TC kan untuk persipan PON XXI,” ucapnya.

Dia menambahkan tujuan dari digelarnya Porprov Papua dalam rangka menjaring dan merekrut atlit muda berbakat untuk bergabung dengan 80 atlet potensi Papua ex PON XX.

“Atlet muda Papua ini nantinya mengisi nomor-nomor unggulan kita. Oleh karena itu, kita harapkan dengan dukungan Pemprov Papua, Porprov digelar tepat waktu dan efektif sehingga persiapan menuju PON Aceh-Sumut lebih matang,” tandasnya.

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY