JAYAPURA (PT) – Juru Bicara Gubernur Papua, M. Rifai Darus, SH, MH mengatakan, meski kondisi kesehatan Gubernur Papua, Lukas Enembe terdapat sejumlah penyakit, namun roda pemerintahan Provinsi Papua tetap berjalan dan diperhatikan serta dipantau langsung oleh Gubernur secara langsung.

Ditegaskannya, Lukas Enembe masih melakukan kewajibannya sebagai Kepala Daerah dengan mengoptimalkan sistem koordinasi bersama Sekretaris Daerah Provinsi Papua, para Asisten Setda dan seluruh kepala OPD dalam rangka memastikan pelayanan publik di Papua tetap berjalan dengan baik.

“Misalnya, Gubernur Papua menghimbau kepada Dinas Kesehatan agar dapat terus bergerak untuk memonitoring rumah sakit dan puskesmas di Papua terkait kasus gagal ginjal akut yang kini merebak di banyak daerah,” ungkap Juru Bicara, M. Rifai Darus kepada wartawan, Senin (31/10).

Selain itu, Gubernur juga berpesan agar seluruh perintah dan rekomendasi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan dapat ditindaklanjuti dan dilaksanakan.

Khususnya lagi, lanjut Gubernur Enembe berpesan kepada seluruh OPD untuk dapat bekerja lebih cerdas dan cermat dalam mengoptimalkan penggunaan anggaran di tahun 2023.

Gubernur menyatakan bahwa segala aktivitas pemerintahan dalam penggunaan anggaran harus mengacu dan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Papua.

Disamping itu, Gubernur Papua juga menyambut baik dengan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 121 Tahun 2022 tentang Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua yang ditandatangani oleh Presiden pada tanggal 21 Oktober 2022.

Tak sampai disitu, Gubernur Lukas Enembe menyatakan bahwa Pemprov Papua siap bekerjasama dan berkoordinasi dengan badan yang diketuai oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin tersebut.

Tak lupa Gubernur Papua juga menyampaikan rasa terimakasih kepada masyarakat Papua yang hingga detik ini tetap kondusif dan menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik.

“Bapak Lukas Enembe juga berpesan agar seluruh masyarakat Papua tidak termakan provokasi dan membentengi diri dari informasi hoax tentang dirinya yang coba dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab,” pungkasnya.

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY