ILAGA (PT) – Bupati Puncak, Provinsi Papua Tengah, Willem Wandik, SE, M.Si resmi melantik Sekda Defenitif Kabupaten Puncak, Ir. Darwin Haratua Lumban Tobing, MM setelah hampir satu tahun lebih menjabat sebagai pelaksana tugas Sekda, Jumat, (31/3) di Kantor Bupati Puncak di Ilaga.

Pengisian jabatan Sekda Kabupaten Puncak ini tentunya telah melalui mekanisme seleksi terbuka yakni lelang jabatan dan hasilnya telah mendapatkan persetujuan atau rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Sekedar diketahui bahwa Sekda Darwin Tobing sendiri boleh dikatakan bukan orang baru di pemerintahan Kabupaten Puncak, sebab sebelumnya pada periode pertama kepemimpinan Bupati Puncak, Willem Wandik, Ir. Darwin Tobing, MM sudah diangkat menjadi Kepala Bappeda Kabupaten Puncak, selanjutnya menjadi Asisten II Sekda Kabupaten Puncak membidangi ekonomi dan keuangan.

“Pertama kali saya menjabat Bupati Puncak pada periode pertama, saya mengajak pak Darwin Tobing dari Bappeda Provinsi Papua untuk membantu saya di Kabupaten Puncak dan akhirnya beliau mau. Jadi beliau ini bukan orang baru hingga periode kedua kepemimpinan saya, beliau bersama-sama kita di Kabupaten Puncak ini,”ungkap Bupati Willem Wandik saat memberikan sambutan pada pelantikan.

Diakui Bupati Wandik, jabatan Sekda adalah jabatan yang sangat strategis dan jabatan yang sangat tinggi untuk PNS. Dimana bisa membantu untuk mengkoordinir semua instansi, badan, kantor sampai ke distrik yang boleh dikatakan seorang jenderal tertinggi di kabupaten untuk PNS sehingga pemerintahan bisa berjalan dengan baik dan juga bisa membantu dalam menyelesaikan persoalan di Kabupaten Puncak.

Meski tugas dan tantangan cukup besar di Kabupaten Puncak, namun Bupati Wandik berharap agar Sekda yang baru dilantik bisa membantu dirinya dalam menjalangkan tugas pemerintahan.

“Terutama ikut dalam menyelesaikan persoalan sosial yang ada di Kabupaten Puncak dan tentunya harus bisa beradaptasi dengan budaya dan masyarakat di Kabupaten Puncak, sehingga masyarakat juga bisa menerima kehadiran Sekda dan pemerintahan serta pembangunan bisa jalan dengan semestinya,”imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Darwin Tobing mengaku mengucap syukur kepada Tuhan atas kepercayaan yang diberikan oleh Bupati Puncak dan juga masyarakat Puncak kepadanya. Ia mengatakan, amanah yang dipercayakan ini merupakan keperecayaan namun juga ada tantangan baginya, apalagi bertugas di daerah seperti Kabupaten Puncak yang memiliki tantangan yang berbeda dengan daerah lain.

“Ya, sangat dinamis dalam kehidupan sosial dan juga keamanan yang sering tidak kondusif, sehingga saya berharap dukungan dan kerjasama dari semua pihak baik pimpinan OPD maupun instansi vertikal, TNI-Polri, tokoh-tokoh agama, adat, pemuda dan terutama masyarakat Puncak,” ucapnya.

Ditegaskannya, khusus menjelang pemilihan umum tahun 2024 baik itu Pileg, Pilkada dan Pilpres, tentunya eskalasi politik cukup tinggi, sehingga menurutnya sebuah tantangan sebagai staf pembantu Bupati. Oleh karena itu, membutuhkan perhatian serius sehingga bisa memberikan kontribusi dalam penyelesaian persoalan ditambah lagi penyelenggaran pemerintahan masa berakhirnya jabatan Bupati akan berakhir.

“Kita akan memetakan persoalan, selanjutnya kita perlu kerjasama dan koordinasi yang baik antara Pemerintah Kabupaten Puncak, instansi vertikal serta TNI-Polri sehingga kita punya langkah yang tepat khususnya dalam membantu Bupati dalam menyelesaikan persoalan di Kabupaten Puncak,” pungkasnya. (Diskominfo Puncak/nald)

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY