JAYAPURA (PT) – Asa Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH melihat atlet Papua peraih medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Sea Games berlaga di pentas olahraga dunia Olimpiade Paris 2024 tampaknya bakal terwujud.

Bila tak ada aral melintang, putra-putri Papua dipastikan membela dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di ajang olahraga paling bergengsi di muka bumi itu. “Target kita, anak-anak Papua tampil di ajang Olimpiade,” ungkap Gubernur Enembe saat menyerahkan penghargaan kepada atlet Papua peraih medali di Sea Games Vietnam, 2022, beberapa waktu lalu.

Saat ini sudah ada 4 atlet Papua yang bersiap mengikuti babak kualifikasi Olimpiade Paris. Dua orang diantaranya adalah lifter kebanggaan Tanah Papua, yakni Natasya Beteyob untuk kelas putri 59 Kg dan Ricko Saputra kelas 61 Kg putra.

Kemudian Agus Abdi Ndiken atlet lempar lembing putra dan perenang Papua Farel Tangkas. “Kalau sudah masuk Olimpiade dan raih medali maka itu akan menjadi sempurna,” kata Enembe.

Lifter Natasya Beteyob dan Ricko Saputra saat sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti ajang kejuaraan angkat besi IWF World Championship Riyadh Saudi Arabia tanggal 2-17 September 2023 dan IWF Grand Prix II Qatar 7-17 Desember 2023.

Bila keduanya mampu merebut poin di kejuaraan tersebut, maka sudah dipastikan lolos ke Olimpiade Paris 2024. IWF World Championships 2023 merupakan ajang kejuaraan internasional untuk memperebutkan poin menuju Olimpiade Paris 2024.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Perkumpulan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PABSI), Hadi Wihardja mengatakan PABSI menyiapkan secara khusus tiga lifter nasional atas nama Ricko Saputra, Windy Cantika Aisyah, Natsya Beteyob untuk merebut tiket Olimpiade 2024.

Windy Cantika ditargetkan lolos 10 besar pada kelas 49kg. Windy diharapkan dapat mencapai Total Angkatan diantara 185kg-190 kg.

Sedangkan Natasya Beteyob pada kelas 59 kg, harus mampu menembus total Angkatan seberat 210kg. Kemudian Ricko Saputra, harus mampu melewati total angkatan 300kg di kelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, Dr. Kenius Kogoya, optimis atlet-atlet Papua bakal lolos dan tampil di Olimpiade Paris 2024. Pasalnya, mereka memiliki jejak prestasi di kejuaran tingkat asia maupun dunia yang membanggakan.

Ia mengatakan prestasi dua lifter Papua, Natasya Beteyob dan Ricko Saputra sangat baik. Keduanya mampu mempersembahkan medali emas pada ajang kejuaraan dunia yang sekaligus menjadi babak kualifikasi Olimpiade.

“Prestasi keduanya sudah terbukti dengan menyabet medali emas di kejuaraan Asian Championship, Jeuje Korea Selatan,IWF Grand Prix I Kuba dan paling terakhir mengharumkan nama Indonesia di ajang Sea Games XXII-2023, Kamboja Vietnam,” terang Kenius didampingi Sekretaris Umum KONI Papua, George Weyasu, SH di Wisma Atlet KONI Papua, akhir pekan ini.

“Kita harus dapat mengibarkan merah putih di iven olahraga tingkat Asia dan Internasional,” tandasnya. (Dian)

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY