JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua menggelar upacara Taptu (penetapan waktu) dan Pawai Obor, Rabu (16/8) malam. Acara tersebut digelar dalam rangka menyambut HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2023.

Dari pantauan wartawan, upacara Taptu yang dipusatkan di Halaman Gedung Negara Dok V Atas Jayapura, berlangsung dengan khidmat. Agenda dilanjutkan dengan pelepasan Pawai Obor oleh Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius Fachiri disaksikan Forkompinda Papua.

Pawai Obor kemudian berakhir di Halaman Kantor Gubernur Dok II Jayapura, yang diterima langsung oleh Plh Gubernur Papua, M. Ridwan Rumasukun.

“Setelah itu, dilanjutkan dengan pungukuhan Paskibra dan perenungan suci di TMP Waena. Besok (Kamis,red) puncaknya diadakan Upacara Pengibaran Bendera di Stadion Mandala Jayapura, pada pukul 10.00 WIT,” terang Asisten Sekda Papua Bidang Perekonomian dan Kesra, Suzana Wanggai selaku Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI Provinsi Papua 2023, disela-sela acara tersebut.

Suzana juga pada kesempatan tersebut secara resmi mengundang masyarakat untuk ikut memeriahkan peringatan detik-detik proklamasi di Stadion Mandala Jayapura.

“Mari kita meriahkan dengan kehadiran kita dan melihat bagaimana upacara kemerdekaan kita, yang nantinya dihiasi serangkaian atraksi paramotor, marching band dari SMU 4, serta aubade dari 1.200 siswa SMP 1,” ajaknya.

“Juga nanti akan ada pemutaran film upacara pengibaran bendera bawah laut oleh pihak TNI,” tambahnya. (Dian)

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY