​JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua Tengah menyalurkan ratusan ton makanan bagi orang tua lanjut usia (Lansia) penyadang disabilitaas dan anak terlantar dalam panti asuhan. Bantuan sosial itu diserahkan langsung oleh Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk, S.Sos, MM di halaman Kantor Dinas Sosial dan Permberdayaan Perempuan dan Anak Provinsi Papua Tengah, Jumat (20/10).

“Penyerahan bantuan yang kita lakukan saat ini merupakan rangkaian kegiatan dari Satgas Pengentasan Kemiskinan dan Kemiskinan Ekstrim Provinsi Papua Tengah sebagai wujud kerja nyata pemerintah dalam menjalankan program nasional sebagai upaya penghormatan, perlindungan, dan jaminan sosial dalam bentuk pemenuhan kebutuhan dasar pangan dan nutrisi kepada masyarakat rentan terhadap resiko sosial,” ungkap Ribka Haluk dalam rilisnya yang diterima Papua Today.com.

Gubernur Ribka Haluk mengatakan, kegiatan pemberian bantuan permakanan bagi lansia, penyandang disabilitas, dan anak terlantar dalam panti pada hari ini dimaksudkan sebagai salah satu cara pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan dan kerentanan absolut yang dihadapi oleh masyarakat yang kurang mampu, serta menjamin masyarakat kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup dasar yang layak.

​“Pada kesempatan yang baik ini pula kami menginformasikan kepada seluruh masyarakat yang berusia kerja produktif termasuk penyandang disabilitas namun belum memperoleh pekerjaan, agar dapat mendaftarkan diri ke dinas tenaga kerja, transmigrasi, energi dan sumber daya mineral Provinsi Papua Tengah selaku koordinator Satgas Pengentasan Pengangguran untuk diikutsertakan dalam berbagai bentuk pelatihan kerja sehingga dapat memiliki kompetensi kerja yang mumpuni untuk menjadi pekerja atau yang paling utama ialah dapat mampu medirikan usahanya sendiri,” tuturnya.

Gubernur Ribka Haluk berharap melalui bantuan permakanan yang telah diserahkan ini dapat memberdayakan masyarakat khususnya para lansia, penyandang disabilitas dan anak-anak terlantar sekalian dalam memenuhi standar hidup layak.
“Saya menyampaikan apresiasi kepada Dinas Dosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Papua Tengah yang telah melaksanakan kegiatan yang mulia ini. Ibu berpesan agar setiap bantuan sosial yang diberikan harus sesuai target pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS) yang terdapat dalam data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), sehingga setiap bantuan yang kita berikan kepada masyarakat dapat tepat sasaran,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Nenu Tabuni mengungkapkan, total penerima bahan makanan yang dibagikan hari ini untuk 1.027 orang.
“Jenis bantuan yang kami berikan kepada masing-masing penerima Bama adalah beras, garam, gula pasir, kacang hijau, micin, minyak goreng, susu kaleng kental manis, teh celup dan telur,” pungkasnya. (Dian)

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY