JAYAPURA (PT) – Penjabat Sekda Provinsi Papua Tengah, Anwar Harun Damani, S.STP, MM mewakili Pj. Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk membuka acara Pekan Rohani Olahraga dan Seni (Proseni) IV Gereja Kingmi Se-Tanah Papua di Gereja Kingmi Maranatha Onago, Tigi Barat, Kabupaten Deiyai, Papua Tengah, Senin (23/10).

Dalam pembukaan tersebut, Pemerintah Provinsi Papua Tengah memberikan bantuan senilai Rp 1 miliar untuk mendukung penyelenggaraan Proseni IV Gereja Kingmi Se-Tanah Papua.

Penjabat Sekda Provinsi Papua Tengah, Anwar Harun Damani, S.STP, MM mengungkapkan, Proseni dipandang penting sebagai wadah untuk pencarian bakat-bakat unggul yang ada pada pemuda kingmi di Tanah Papua. Sebab kita ketahui bersama bahwa tahun 2030 akan menghadapi bonus geografi yang menunjukkan peran anak muda lebih dominan.

Ia berharap semoga proseni dapat menjadi wadah untuk pengembangan minat dan bakat, tetapi juga bertujuan untuk mempersiapkan potensi unggul anak-anak papua yang unggul.
“Tahun 2024 kita akan berlangsung agenda nasional yakni Pekan Olahraga Nasional (PON) di Aceh, kita sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) diberkan dispensasi untuk mengikuti langsung sebagai peserta. Sehingga kita berharap melalui Proseni ini, muncul bibit unggul yang bisa mewakili Papua Tengah dan harapan kami, apabila ada calon atlet berbakat yang muncul untuk dilaporkan ke KONI Deiyai agar diteruskan ke KONI Provinsi, untuk kemudian kita persiapkan,” katanya.

Anwar menceritakan sejak diresmikan Provinsi Papua Tengah sebagai DOB, pada 11 November 2022, ada 12 agenda prioritas yang wajib dilaksanakan, antara lain yang sudah dilaksanakan, pelantikan PJ Gubernur, pembentukan OPD dan Manajemen ASN, penyusunan Pergub tentang APBD, penyiapan sarpras pemerintahan, pengalihan aset dan dokumen, pengalokasian dana hibah, dipta kondisi pasca pengundangan UU No 15 tahun 2022.

“Sedangkan yang masih dalam proses pelaksanaan, pembentukan MRP, pengisian DPR-RI, DPD-RI, DPRD dan Pemilu, penyusunan RTRW, pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, pembinaan, pengawasan dan evaluasi,” terangnya.

Diakhir sambutannya, Anwar mengatakan pihaknya membawa bantuan kepada panitia penyelenggara Proseni Deiyai Tahun 2023 sebesar Rp 1 milyar. Sesuai dengan informasi bahwa bantuan ini telah masuk ke rekening panitia penyelenggara per hari Jum’at lalu.

“Semoga nilai bantuan yang diberikan ini, dapat bermanfaat untuk penyelenggaraan Proseni ke-IV Deiyai Tahun 2023. Tentu dengan konsekuensi kewajiban bagi panitia penyelenggara yakni menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPJ) kepada Gubernur,” pungkasnya. (Dian)

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY