JAYAPURA (PT) – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat di Provinsi Papua didukung dua perusahaan BUMN melalui Forum Humas BUMN. Kedua BUMN tersebut adalah Mining Industry Indonesia (MIND ID) dan PT Jamkrindo. Pelaksanaan UKW bagi wartawan anggota PWI Papua itu berlangsung selama dua hari, 26 dan 27 Januari 2024 di Fox Hotel Jayapura.

UKW di Jayapura ini diikuti sebanyak 16 peserta dengan kategori wartawan muda sebanyak enam orang, wartawan madya empat orang dan wartawan utama enam orang. UKW yang dilakukan atas kerja sama PWI dengan Forum Humas BUMN itu mengambil tema Menciptakan Wartawan Profesional dan Berakhlak.

UKW tersebut dibuka secara resmi oleh Kadiskominfo Provinsi Papua Jeri Agus Yudianto mewakili Gubernur Papua. Hadir juga Sekjend PWI Pusat Sayid Iskandarsyah, Wasekjend PWI Pusat Raja Parlindungan Pane, Sekretaris PWI Papua Erwin Senduk, Pjs Ketua PWI Papua Pegunungan Jean Bisay, perwakikan MIND ID Avindra, Perwakilan Jamkrindo Syamsul Ma’arif dan Novri Lomo, serta para penguji M. Noeh Hatumena (PWI Pusat Jakarta), Andi Faisal Syam (Sulsel), dan Abdul Munib (Papua).

Dalam sambutannya, Kadiskominfo Papua mengatakan bahwa Pemprov Papua sangat mendukung acara UKW. Dia berharap dengan adanya UKW ini bisa meningkatkan konpetensi wartawan yang ada di Papua sehingga bisa menjalankan tugasnya secara profesional.

“Pers itu merupakan kekuatan pilar keempat dalam mengawal demokrasi. Maka, Pers dan wartawan yang kompeten tentu sangat dibutuhkan,” kata Jeri Agus Yudianto.

Jeri menegaskan, bangsa ini sebentar lagi menghadapi pesta demokrasi yakni Pilpres dan Pileg. Ia berharap pers harus bisa menjaga pesta demokrasi itu agar berjalan netral dan mengawalnya sampai selesai. Kadiskominfo Papua juga berharap agar semua peserta bisa lulus dalam UKW sehingga kredibilitas wartawan di Bumi Cenderawasih jauh lebih baik serta profesional dibanding sebelumnya.

Saran dan masukan dari Pers terhadap kebijakan pemerintah daerah dinilai sangat berharg untuk modal pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Papua. Untuk itu, Jeri sangat berterima kasih kepada PWI Pusat dan PWI Papua dengan dilaksanakannya UKW di Jayapura.

“Saya berharap PWI Pusat dan PWI Papua khususnya, dapat terus bekerja sama dengan pemerintah Daerah Papua untuk mewujudkan pemberitaan yang akuntabel. Independen, dan dapat dipercaya,” ujar Kadiskominfo Papua di akhir sambutannya.

Sementara itu, Sekjend PWI Pusat, Sayid Iskandarsyah menyampaikan bahwa UKW merupakan program utama PWI Pusat di era kepengurusan baru Ketua Umum Hendry CH Bangun. Dalam kampanye pak Ketum sebelum terpilih adalah bagaimana meningkatkan kualitas dan kapasitas wartawan.

“UKW ini merupakan bagian dari upaya PWI Pusat untuk meningkatkan kualitas wartawan sesuai harapan Ketum PWI Pusat. Saya berharap agar semua peserta sungguh-sungguh mengikutinya sehingga bisa kompeten. Peserta harus mengikutinya dengan sesungguh hati,” ujar Sekjend PWI Pusat.

Ia juga mengatakan, peserta harus bangga bisa mengikuti UKW karena persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi peserta sangat banyak. Sayid berharap semua peserta bisa lulus. Sedangkan M. Noeh Hatumena mewakili penguji mengatakan, kompetensi wartawan sangat penting agar karyanya bisa dipertanggungjawabkan dan dihargai masyarakat. Kompetensi bukan saja dibutuhkan di organisasi PWI.

Di segala bidang di era sekarang, kompetensi menjadi yang utama dalam menjalankan profesionalismenya. Lelaki yang pernah menjadi Kepala Kantor Berita Antara di Papua ini menambahkan bagi mereka yang tidak lulus harus sabar dan jangan berkecil hati. Sebab UKW ini masih bisa diikuti lagi di UKW berikutnya.

“Belajar lagi….belajar lagi agar bisa lulus,” ujar Nuh.

Ia berharap dengan diikutinya UKW ini, wartawan jangan ada lagi yang terjerat hukum. Karena di UKW itu bukan hanya soal materi berita yang dibahas. Tetapi, juga undang-undang pokok pers, kode etik, dan kode perilaku.

Semantara itu, Avindra dari MIND ID mengatakan bahwa perusahaan tempat ia bekerja sangat senang ikut berpartisipasi dalam meningkatkan pendidikan wartawan. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pemprov Papua yang ikut mendukung UKM.

“MIND ID mendukung program ini. Terima kasih kepada PWI Papua dan PWI Pusat,” ujar Avindra dalam sambutannya.

Sementara perwakilan Jamkrindo di Jayapura, Syamsul Maarif berharap agar UKW di Jayapura bisa melahirkan wartawan profesional. Ia mengatakan kepada peserta selamat menempuh UKW. Sehingga pesertanya menjadi lebih profesional dalam menjalankan tugasnya.

Dalam UKW ini, seluruh peserta terlihat antusias mengikuti arahan dari penguji. Peserta juga terlihat sangat serius dan teliti mengikuti soal-soal yang disampaikan para penguji. (Dian)

 

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY