JAYAPURA (PT) – Dua tim yang mewakili Papua dari Papua Football Academy, yakni PFA U-13 dan U-15 sama-sama berhasil lolos ke fase grup turnamen Soeratin dan berhak melaju ke babak 16 besar.

Pada Senin (22/01), PFA U-15 yang diperkuat siswa kelahiran 2009 merebut 2 kemenangan dengan selisih besar atas lawannya, tim Jambi yang diwakili oleh ASA Kerinci pada grup F dengan poin 7-0. Sedangkan pada laga kontra tim Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Poso United pada Rabu (24/01).

The Boys, sapaan siswa PFA berhasil menelurkan poin 4-0. Sejauh ini, total 6 poin yang telah berhasil diraih oleh PFA U-15.
Pada laga pamungkas grup, PFA U-15 harus melakoni satu pertandingan lagi pada Jumat (26/01) melawan tim perwakilan Bangka Belitung.

Dengan total poin yang sudah diraih, PFA hanya perlu meraih hasil imbang. Namun, skuat PFA berhasil membukukan 3 poin tambahan dengan skor tipis 1-0. Dengan ini, PFA U-15 kokoh di puncak klasemen dengan 9 poin dari 3 kemenangan di 3 laga.

Pada 16 besar, PFA U-15 akan bertemu dengan tim dari grup E. Peluang lawan masih terbuka antara DI Yogyakarta, Bali, Sumbar, atau pun Banten. Dengan menjadi juara grup F, maka PFA U-15 akan melawan runner up grup E.

Sementara PFA U-13 yang diperkuat kelahiran 2010 menang atas Persikutim asal Kalimantan Timur 4-2 di laga perdana dan menang WO 3-0 atas tim Sulawesi Tengah. Artinya PFA melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup H. Untuk selanjutnya menunggu runner up grup G yang belum memastikan diri.

Soeratin U-15 dan U-13 ini ialah turnamen resmi PSSI pertama yang diikuti PFA sejak berdirinya pada Agustus 2022. PFA sendiri merupakan investasi sosial PT Freeport Indonesia yang mendukung pembentukan karakter siswa melalui sepak bola, pendidikan akademik, serta keterampilan hidup. (Dian)

Editor : Ronald

LEAVE A REPLY