JAYAPURA (PT) – Pj. Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun meninjau pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura, usai tenaga medis melaporkan beberapa hal yang menjadi masalah utama dalam pengelolaan rumah sakit tersebut, Senin (18/3).

“Kita ingin memastikan pelayanan rumah sakit di sini baik dan kita juga sudah melihat beberapa peralatan yang rusak segera kita perbaiki, setelah mendapat laporan dan data yang detail dari manajemen rumah sakit,” ungkap Pj. Gubernur Ridwan didampingi Pj Sekda Papua dan Asisten II Setda Papua dan Kadis Kesehatan usai meninjau rumah sakit.

Ridwan mengatakan, peralatan rumah sakit yang rusak,  pemerintah akan segera lakukan perbaikan, termasuk limbah sampah menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan pengelolaanya. “Kita akan bantu perbaikan mesin pembakaran sampah rumah sakit yang rusak, juga akan mengecek listiknya. Nanti tugas pak Sekda untuk mengecek kebutuhan biaya berapa, kita langsung bantu,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Aaron Rumainum mengakui ada beberapa masalah yang terjadi di RSUD Jayapura. Diakuinya, masalah yang terjadi di rumah sakit milik Pemprov Papua ini seperti alat-alat kesehatan yang rusak, termasuk mesin pengelolaan sampah rumah sakit dan genset.

Ia mengatakan, salah satu faktor adalah minimnya anggaran untuk rumah sakit saat ini. “Dari laporan tenaga medis saat menyampaikan aspirasinya itu soal minimnya anggaran, sehingga bapak Gubernur langsung turun mengecek langsung masalah yang terjadi, dan akan segera mengambil langkah-langkah untuk memperbaikinya,” pungkasnya. (Dian)

LEAVE A REPLY