JAYAPURA (PT) – PT Freeport Indonesia (PTFI) menggelar pelayanan kesehatan mata dan operasi katarak gratis di Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM), Kabupaten Mimika, Papua Tengah, pada 5-7 April 2024. Kegiatan ini merupakan puncak rangkaian Bakti Sosial dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-57 yang diperingati setiap 7 April.

“Kesehatan masyarakat merupakan salah satu pilar utama dalam investasi sosial PTFI. Apreasiasi kami kepada Pemkab Mimika dan segenap stakeholder yang terlibat. Karena kolaborasi ini telah memungkinkan program-program kesehatan PTFI dapat diterima dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas dalam rilisnya kepada wartawan saat meninjau kegiatan operasi katarak dan pelayanan kesehatan mata gratis di RSMM, Jumat (5/4).

Tony mengatakan kesehatan individu dan masyarakat sangat penting. Masyarakat yang sehat akan mendorong peningkatan produktifitas. “PTFI mengadakan program ini bukan hanya untuk masyarakat tujuh suku saja. Dari yang diberikan pelayanan kesehatan mata, 40 persen berasal dari tujuh suku dan 60 persen non tujuh suku, bahkan lebih dari 50 persen adalah non Papua yang berdomisili di Kabupaten Mimika,” tambah Tony.

Sementara itu, Asiten Bidang Administrasi Umum Setda Mimika, Anace Hombore mengapresiasi inisiatif layanan Kesehatan Mata Gratis ini. “Kami berterimakasih kepada PTFI yang selama ini telah membantu Pemda melayani masyarakat Kamoro, Amungme, lima suku kekerabatan beserta segenap masyarakat Kabupaten Mimika, tidak hanya dalam hal kesehatan tapi juga pendidikan, sosial budaya, dan lain-lain. Kami harapkan hubungan kerjasama yang baik ini terus berjalan,” ujar Anace.

Dengan tema “Berkarya Untuk Indonesia”, PTFI terus berkarya untuk kemajuan masyarakat di Mimika, Papua dan Indonesia bersama-sama dengan semua pemangku kepentingan. Pelayanan kesehatan mata lengkap gratis di sembilan lokasi di Kabupaten Mimika yang dimulai pada 25 Maret merupakan awal dari rangkaian kegiatan HUT ke-57 PTFI, diikuti dengan bakti sosial bersih kampung dan edukasi kebersihan lingkungan di Waa Banti, Kamis (28/3).

Kegiatan ini merupakan gotong royong karyawan Freeport bersama warga kampung yang diikuti lebih dari 70 orang. Pelayanan kesehatan mata lengkap gratis yang meliputi tes mata umum, buta warna, refraksi mata, pembagian kaca mata gratis, dan operasi katarak dilaksanakan di Kampung Waa Banti-Tembagapura, Kota Timika, Mapurujaya, SP9, SP12, Aikawapuka, Miyoko, Wumuka dan Kapiraya.

Tercatat sebanyak 1.066 orang telah mendapatkan pelayanan kesehatan mata gratis yang terdiri dari 426 warga 7 suku dan 640 warga Mimika. Pada kesempatan ini sebanyak 500 kacamata juga telah dibagikan dan 52 orang akan menjalani proses operasi katarak yang akan berlangsung pada 5-7 April.

“Terima Kasih atas dukungan Pemda Mimika, melalui Dinas Kesehatan, YPMAK, RSMM, PT Pangansari Utama (PSU) dan Media Group serta tenaga dokter spesialis mata dari Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami). Dengan gotong royong ini kita bisa terus berkarya untuk Papua, untuk Indonesia,” pungkas Tony. (Dian)

LEAVE A REPLY