JAYAPURA (PT) – Pemerintah Provinsi Papua mengawali pembangunan Videotron di Kabupaten Keerom pada program kerja tahun 2024 ini. Keerom merupakan kabupaten pertama dari tiga yang ditargetkan, yakni Supiori dan Waropen. Pembangunan Videotron ditandai dengan peletakkan batu pertama oleh Bupati Keerom bersama Plt. Asisten Sekda Papua Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat, Suzana Wanggai mewakili Pj Gubernur Papua, di Arso, Keerom, Jumat (26/4/2024).

Agenda yang turut dirangkaikan dengan penyediaan akses internet serta launching tanda tangan elektronik tersebut, dihadiri Bupati Keerom Piter Gusbager, Forkompinda setempat serta Kepala Dinas Kominfo Papua Jeri A. Yudianto. Untuk media luar ruang, Pemerintah Provinsi Papua sejak 2013-2023 telah banyak membangun papan Videotron yang tersebar di beberapa kabupaten/kota.

“Pada 2024 ini,¬†menyediakan Videotron di Kabupaten Supiori, Waropen dan Keerom yang saat ini bersama sama kita akan letakkan batu pertama pembangunannya. Dengan harapan, pembangunan ini bisa berjalan lancar dan tepat waktu agar bisa digunakan mendesiminasikan informasi pembangunan maupun pemerintahan di tingkat pusat, provinsi dan keerom sendiri,” terang Suzana saat membacakan sambutan Pj.Gubernur Papua.

Masih dalam sambutan Gubernur disampaikan Suzana, Pemerintah Provinsi Papua sangat serius dan konsen mendorong transformasi digital dalam segala aspek di seluruh Papua. Hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2023 menyebutkan penetrasi interconnected network di Pulau Papua menyentuh angka 63,15 persen, sedangkan khsusus di Papua sendiri ada pada angka 75,89 persen.

Sementara itu, Pemprov Papua pada tahun ini pula melalui Dinas Komimnfo menyediakan akses ineternet melalui VSAT sebanyak 32 Lokasi tersebar di delapan kabupaten. Khusus di Kabupaten Keerom, terdapat pada 4 lokasi meliputi sekolah, Puskesmas dan fasilitas umum lainnya.

“Kalau untuk pemanfaatan sertifikat elektronik pada aplikasi e-Office untuk menunjang kinerja adaministrasi pemerintahan dan bersyukur pada kesempatan ini juga akan diluncurkan penggunaannya. Hal ini pun adalah suatu langkah maju khususnya dalam mendukung sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di Kabupaten Keerom,” ucap Pj Gubernur.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Keerom Piter Gusbager mengapresiasi perhatian Pemprov Papua tersebut. Dimana ia menyebut agenda kali ini merupakan momentum sejarah serta sebuah batu loncatan bagi kabupaten setempat menuju kepada masyarakat modern.

“Sebab saat ini informasi dan teknologi sudah jadi menu sehari-hari dan bagian hidup kita dari pagi sampai malam. Bahkan media informasi dan teknologi sudah kendalikan hidup manusia dengan memberikan manfaat yang besar.”

“Namun disatu sisi ada pengaruh buruk bagi kehidupan manusia, sehingga kita harus benar-benar manfaatkan perkembangan ini dengan baik arif dan bijaksana bagi kelangsungan hidup umat di Kabupaten Keerom,” harapnya. (Dian)

LEAVE A REPLY