JAYAPURA (PT) – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH secara resmi melantik Bupati-Wakil Bupati Puncak Willem Wandik-Pelinus Balinal dan Mamberamo Tengah (Mamteng) Ricky Ham Pagawak-Yonas Kenelak di Gedung Sasana Krida Jayapura, Senin (24/9).

“Kedua pasangan Bupati ini kembali terpilih untuk dua kali dan baru dilantik agar dapat menjalankan Pemerintahan, pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan dengan sebaik-baiknya, karena banyak persoalan di daerah selama lima tahun ke depan,” kata Gubernur Lukas Enembe.

Gubernur Lukas Enembe mengatakan penyelenggaraan pilkada Kabupaten 2018 di Puncak dan Mamberamo Tengah telah dilaksanakan dengan berbagai dinamika sehingga kini memberikan Bupati dan Wakil Bupati yang baru ini menjadi bagian dari sejarah demokrasi Papua.

“Ya, hari ini sudah ada tugas pembangunan dan pemerintahan Kabupaten Puncak dan Mamberamo Tengah di pundak Bupati dan Wakil Bupati agar tetap fokus pada pembangunan di kedua kabupaten sesuai amanat UU Nomor 21 tahun 2001 tentang Otonomi Khusus bagi tanah Papua,” ujar Enembe.

Dijelaskan, Bupati Puncak dan Mamberamo Tengah harus menjadi pemimpin yang mambuat rakyat bisa hidup damai, aman, kesehatan dan pendidikannya baik, akses infrastrukturnya bagus serta pelaksanaan pembangunannya berjalan secara maksimal.

“Percepatan pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi rakyat dan lain sebagainya harus dilaksanakan mengarah pada kesejahteraan Orang Asli Papua (OAP) di masing-masing daerah,” jelasnya.

Dua pasangan Bupati dan Wakil Bupati yang baru dilantik harus memperhitungkan kondisi masyarakat di wilayah tersebut khususnya dalam konteks tata kelola pemerintahan daerah, dimana semua harus diprioritaskan pada kesejahteraan rakyat.

“Amanah jabatan yang telah diberikan harus dilaksanakan secara bertanggung jawab dan diwujudnyatakan melalui kerja nyata, apalagi yang sudah terpilih dua kali sehingga ini menjadi periode keduanya,” katanya.

Ditambahkan, dengan amanah jabatan yang telah diberikan harus dilaksanakan secara bertanggung jawab dan diwujudnyatakan melalui kerja nyata, apalagi yang sudah terpilih dua kali, sehingga ini menjadi periode keduanya.(ing/rm)

LEAVE A REPLY