JAYAPURA (PT) – Untuk memperlancar penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Provinsi Papua, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat akan turun langsung ke daerah yang dianggap kesulitan mendapat akses pada penerimaan tes CPNS tahun ini.

Kepala BKN Pusat, Bima Haria Wibisana mengaku, BKN Pusat akan memfasilitasi penerimaan CPNS di Provinsi Papua.

“Kita sangat paham dengan kondisi daerah Papua saat ini terutama daerah bagi daerah yang sulit mendapatkan akses komunikasinya,”kata Bima Wibisana di Jayapura, Senin (1/10).

Ia mengaku, sudah banyak kabupaten memiliki fasilitas yang cukup memadai, bahkan setara dengan Jakarta yang telah memiliki ruang bagus, komputernya.

Namun, yang menjadi masalah yang dihadapi beberapa kabupaten di daerah yang tidak memungkinkan untuk dilakukan penerimaan CPNS seperti di daerah lain. Sebab, akses komunikasinya seperti internet susah untuk dilakukan penerimaa CPNS secara online.

“Kita berusaha untuk fasilitasi, misalnya untuk pendaftaran online itu sulit atau bekerja membantu BKD di daerah dan provinsi dalam proses penerimaan CPNS,” katanya.

Disinggung terkait tuntutan masyarakat Papua agar tes CPNS memprioritaskan putra dan putri asli Papua, ia mengaku, mungkin bukan dengan cara online, tetapi secara ofline, namun dengan pengawasan yang ketat.

“Intinya kita inginkan penerimaan CPNS di Papua ini dilakukan seperti apa nanti bentuk aturan yang diterapkan apakah tetap online atau offline yang terpenting masyarakat di Papua bisa mengikuti seleksi CPNS dengan baik,” katanya lagi. (ing/rm)

LEAVE A REPLY