JAYAPURA – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan maka TP PKKProvinsi Papua menggelar orientasi serta pelatihan yang dipusatkan di Hotel Matoa, Kamis (16/3).

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan para pengurus TP PKK Provinsi Papua dalam pengelolaan gerakan PKK melalui 10 program pokok PKK. Kemudian untuk membangun persamaan persepsi dalam mengemban tugas secara professional dan eksis,”ungkap Wakil Ketua IV TP PKK Papua, Moses Belau kepada wartawan.

Dijelaskannya, guna mewujudkan pembangunan yang merata maka tentunya harus menjangkau sampai kepada bagian terkecil dari masyarakat yaitu keluarga. Karenanya, pemerintah harus memiliki mitra kerja yang berkompeten.

“Mitra pemerintah dalam pembangunan yang paling potensial adalah PKK. Sebab, TP PKK secara nasional bahkan di Papua secara khusus, akhir-akhir ini diakui mengalami penurunan dibanding sebelumnya,”jelasnya.

Dalam rangka mewujudkan peran TP PKK maka dasa wisma PKK perlu dihidupkan kembali yang berbicara tentang pendataan termasuk program kerja untuk kesejahteraan keluarga.

“Apalagi kelompok dasa wisma merupakan salah satu institusi yang sangat potensial di masyarakat. Makanya TP PKK telah memasukan dasa wisma sebagai bagian dalam rencana kerja (Renstra) lima tahun kedepan,”katanya lagi.

Bahkan, lanjutnya, orientasi ini bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda Papua kedepan menjadi lebih kuat, sesuai 10 program pokok PKK adalah penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan ketrampilan, kesehatan, mengembangkan kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat.

“Program TP PKK nyatanya menjadi kebutuhan nyata masyarakat dan negara sampai dengan saat ini. Sebab diyakini mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga dan menjaga keutuhan banga,”terangnya.

Senada dengan itu, Kader PKK selaku penanggung jawab kegiatan, Yuliana Kambuaya mengatakan, kegiatan pelatihan bagi TPK3 sangat penting untuk meningkatkan kapasitas para ketua kelompok dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

“Diharapkan seusai pelatihan ini, para ketua kelompok dapat segera turun lapangan mendukung pelaksanaan 10 program dan dasa wisma PKK,”tambahnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY