JAYAPURA (PT) – Kapolda Papua, Irjen Pol. Paulus Waterpauw bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI. Herman Asaribab kembali mengunjungi Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijay, Kamis (17/10).

Mereka memastikan situasi keamanan dengan blusukan ke sejumlah lokasi terdampak rusuh Wamena dengan motor trail yang biasa digunakan sebagai alat transportasi patroli keamanan oleh polisi dan TNI.

Kedua pimpinan aparat keamanan Papua ini juga melintasi Jalan Bhayangkara, Jalan Trikora, Jalan Hom–Hom, Jalan Trans Wamena Jayapura, hingga Jalan JB. Wenas.

“Saya dan Pak Pangdam mencoba motor patroli ini. Bagus juga motornya, bisa digunakan dengan jarak tempuh jauh ataupun dengan kecepatan sedang hingga cepat,” kata Waterpauw di sela blusukan.

Kapolda menuturkan, terdapat 40 unit motor patroli di Mapolres Jayawijaya saat ini. Jumlah itu terdiri 20 unit dari Mabes Polri dan 20 motor lainnya dari Polda Papua.

Paulus Waterpauw menyampaikan terimakasih kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang membantu mobilitas personil kepolisian di Jayawijaya, guna menjaga situasi tetap kondusif.

“Dengan patroli motor bisa juga untuk mengawasi, mengontrol, sambang warga, tatap muka warga, blusukan juga bisa untuk melihat siatuasi Wamena,” ucapnya.

Dalam blusukannya ini, Kapolda dan Panglima Cenderawasih juga sesekali sempat berbincang dengan warga di pusat keramaian, pasar tradisional dan sejumlah warga yang ditemui di jalan raya.

“Kami juga memantau aktivitas warga sudah jalan normal, di pasar, pertokoan dan anak sekolah, semua sudah aktif. Semoga situasi ini tetap terjaga dengan baik,” imbuh Waterpauw. (mt/sri)

LEAVE A REPLY