Tri Wibowo Aji

JAYAPURA (PT) – Usai dikukuhkan oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe di Aula Lukmen Sasana Krida Kant0r Gubernur Papua, Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Papua, Tri Wibowo Aji berkomitmen mengawal proses pembangunan yang menjadi prioritas nasional di Papua.

Ia menegaskan, salah satu contoh yang bakal dikawal bersama Pemerintah Provinsi Papua adalah pertanggungjawaban pelaksanaan PON XX dan Peparnas XVI Papua.

“Kami bertugas mengawal akuntabilitas pemerintah daerah dan membina aparat pengawasan intern pemerintah (APIP). Selain itu, kami akan kawal proses yang jadi isu nasional yakni PON dan Peparnas untuk pertanggungjawabannya,” tegas Tri Wibowo kepada wartawan usai dikukuhkan, Kamis (17/2).

Ia menuturkan, pihaknya akan mendorong percepatan penyelesaian proses pertanggungjawaban pelaksanaan dua iven olahraga terbesar di tanah air itu yang telah berlangsung di Papua pada 2021 lalu.

“Perwakilan BPKP Papua sudah turun dari 3 minggu lalu. Kami akan mengusahakan percepatan untuk pelunasan berbagai kewajiban pemerintah terkait pembayaran dalam proses pertanggungjawaban yang sudah diajukan,” bebernya.

Tri Wibowo mengatakan, upaya ini merupakan salah satu bentuk pengawalan dari Perwakilan BPKP Papua dalam proses pembangunan yang ada di Papua.

“Selama ini sudah dijalankan oleh pimpinan lama dan kami akan lanjutkan terus. Yang pastinya ada koordinasi dan sinergi dengan pemerintah daerah dan apara pengawasan intern pemerintah (APIP),” imbuhnya.

Disamping itu, Tri juga berkomitmen melaksanakan tugas perwakilan BPKP Papua untuk mengawal akuntabilitas pemerintah daerah dan melakukan pembinaan terhadap APIP di wilayah setempat.

“Kami juga terus memberikan laporan secara rutin ke BPKP pusat karena setiap progres itu dipantau. Tidak hanya di Papua saja tapi diseluruh perwakilan BPKP di Indonesia. Kami akan berperan lebih baik setiap saat untuk membantu proses pembangunan dan akuntabilitas di daerah,” pungkasnya. (nald)

LEAVE A REPLY