SENTANI (PT) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura mengalokasikan dana kampung sebesar Rp 2,2 miliar lebih untuk penyediaan sarana prasarana kampung.

Demikian diutarakan Kepala BPMK Kabupaten Jayapura, Elisa Yarusabra saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (16/6) siang.

Katanya, sarana yang akan disediakan itu seperti sanitasi, air bersih, MCK, renovasi Obhe atau rumah adat dan lain sebagainya yang ada di kampung masing-masing dari dana ini.

“Kami sudah turunkan surat dari bulan Januari untuk mengalokasikan dana kampungnya dalam menyediakan beberapa hal tersebut, yang mana bertujuannya untuk kesejahteraan masyarakat di Kampung tetapi juga menjadi aset Kampung itu sendiri,” ujarnya.

Lanjutnya, beberapa hal ini akan dibangun oleh masyarakat kampung itu sendiri, menggunakan dana kampungnya, karena mereka juga yang akan menerima manfaatnya.

“Tentunya kami harap, apa yang menjadi kebutuhan sarana di Kampung bisa terjawab melalui dana yang kami alokasikan ini,” jelasnya.

Katanya, sejauh ini ada sejumlah kampung yang sudah menyediakan sarana prasarana tersebut. Sehingga dirinya berharap, pada pelaksanaan KMAN nanti prasarana tersebut bisa difungsikan sebagaimana mestinya.

“Jadi penyediaan ini bukan semata-mata karena KMAN, tetapi ini bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat di Kampung, tetapi kami harap sarana ini bisa difungsikan pada pelaksanaan KMAN,” paparnya. (tinus)

LEAVE A REPLY