JAYAPURA – Dua orang siswa asal Papua terpilih mewakili Provinsi Papua untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 di Istana Merdeka Jakarta. Kedua siswa tersebut yaitu, Agnex Yomima Yaru siswa SMAN 1 Sentani dan Jeremiah Roderick Wambrauw asal sekolah SMA YPPK Adhi Luhur Nabire.

Kedua siswa ini lolos setelah berhasil mengungguli siswa lainnya dalam seleksi tingkat Provinsi Papua bulan lalu. Kepala Seksi Peningkatan Sumber Daya Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Papua, Edwin Olof Monim mengatakan, sebelum kedua siswa ini berangkat ke Jakarta, maka keduanya terlebih dahulu akan melakukan audiance dengan Kasdam XVII Cenderawasih, Brigjen TNI. Herman Asaribab di Makodam.

“Ya, sebelum berangkat dan bergabung dengan perwakilan siswa dari 33 provinsi lainnya di Jakarta, kedua anak ini akan audiance dengan Kasdam,”terangnya.

Ia mengaku, selama di Jakarta, mereka akan menjalani masa karantina dan pemusatan latihan sebelum melaksanakan tugas sebagai Paskibraka.

“Jadi untuk keberangkatan akan ditanggung oleh Pemprov Papua dan ketika tiba di Jakarta menjadi tanggung jawab panitia pusat,”ungkapnya.

Lebih jauh dijelaskannya, kedua siswa ini juga telah mendapatkan izin dari sekolah untuk mengikuti kegiatan selama disana. “Paling lama 2 bulan mereka melakukan pemusatan latihan hingga pada 17 Agustus mendatang,”katanya.

Olof juga berharap, pada upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-72 di Istana Merdeka Jakarta, perwakilan Papua bisa menjadi petugas pembawa baki bendera Merah Putih. “Ya, harapan kami, tahun ini perwakian Papua yang dipercayakan menjadi petugas pembawa baki,”harapnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY