Persawat Cargo Trigana Air dengan nomor registrasi PK-YSY mendarat darurat di landas pacu Bandar Udara Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua (IATA: WMX, ICAO: WAVV) pada hari Selasa, 07.33 WIT. Pesawat yang membawa 15 ton barang yang berupa makanan dan bahan bakar minyak ini lepas landas dari Sentani Jayapura pada pukul 06.55 WIT.

Terdapat 3 kru dalam penerbangan itu, yaitu pilot Jatmiko, kopilot Joshua, dan dan flight operation officer Iwan Sapturi. Dari laporan di lapangan, ketiganya diberitakan selamat.

Dari kronologi yang diperoleh dari berbagai sumber, pesawat mengalami gangguan pada roda belakang sebelah kiri pada saat mendarat di runway 15, dan pesawat terseret sampai ke ujung runway 33. Saat ini KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) sedang menuju ke lokasi untuk menyelidiki penyebab terjadinya insiden ini.

Saat ini pesawat masih berada di lokasi kejadian dan dalam proses pemeriksaan dan evakuasi menunggu kedatangan dari Tim KNKT. Adapun muatan barang yang ada di dalam pesawat telah dikeluarkan oleh kru Trigana Air dengan menggunakan forklift. Saat ini semua penerbangan reguler ke Wamena dibatalkan sambil menunggu pesawat selesai dievakuasi, karena lokasi pesawat yang berada di pinggir runway.

LEAVE A REPLY