BANDUNG – Atlit Dance Sport Papua berhasil menyumbangkan dua medali emas dan 1 perunggu pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Cabang Olahraga (Cabor) Dance Sport yang berlansung selama dua hari, Sabtu dan Minggu (17-18/09/2016) di Hotel Harris Kota Bandung Jawa Barat. Dua medali emas dipersembahkan pasangan Tedjo Wiyono dan Ruci Anggraini yang turun Pre Amateur Latin America Campuran dan Sahrul L Fahmi dan Finasti Namiarum di nomor Rising Star Standard Ballroom Campuran.

Sedangkan 1 medali perunggu dipersembahkan pasangan Sahrul Laili Fahmi-Finasti Namiarum dinomor nomor Rising Star Latin yang melombakan empat jenis irama dansa yakni Cha Cha Cha, Samba, Rumba dan Jive. Di nomor ini pasangan asal Sulawesi Selatan menyabet emas lewat pasangan Ivan Otnieliem-Vani Jusak Otnieliem, sementara medali perak diraih pasangan Ridwansyah-Stevanny dari Kalimantan Timur.

Dengan penambahan 2 medali emas dari cabang olahraga Dance Sport maka posisi Papua hingga terdongkrak ke urutan 6 perolehan medali sementara. Hingga Minggu (18/09/2016) malam, Papua memperoleh 3 medali emas, 4 perak dan 3 perunggu. Medali-medali tersebut didulang dari Cabor Dance Sport dinomor Pre Amateur Latin America Campuran, Rising Star Standard Ballroom Campuran dan FFA Cha Cha Cha Campuran.

Kemudian Cabor Selam dinomor Kolam 100 m Bi – Fins Individual Putri, Kolam 200 m Bi – Fins Individual Putri. Berikutnya Cabor Dayung dinomor Rowing Single Sculls (W1X) Putri Rowing Quadruple Sculls (4X) Putri, Rowing Double Scull Kelas Ringan (LW2X) Putri dan Rowing Double Sculls (W2X) Putri.

Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua, Klemen Tinal,SE,MM mengatakan Dance Sport merupakan salah satu Cabor yang sangat potensial untuk dibina di Papua. Oleh karenanya, setelah pelaksanaan PON, olahraga tersebut akan ditandingkan ditiap kabupaten dan kota di Provinsi Papua untuk mencari atlit-atlit Papua menjelang PON 2020.

“Olahraga Dansa akan dikembangkan di semua daerah supaya kita persiapkan atlit-atlit menuju PON 2020. Jadi Semua Cabor akan ditingkatkan pembinaannya,”ungkap Wagub Papua.

Untuk diketahui pada hari ini, Senin (19/09/2016) Cabor Hoki Indoor Putri Papua akan berlaga dibabak final menghadapi tim Kontingen DKI Jakarta. Sedangkan Hoki Indoor Putra menghadapi tim Papua Barat. ***

LEAVE A REPLY