asisten 2

JAYAPURA – Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH meminta kepada Disperindag agar membina para pelaku dunia usaha di wilayahnya untuk diarahkan agar tidak hanya bertumpu pada perekonomian makro. Selain itu, Gubernur juga meminta kepada para pengusaha agar tidak hanya menyiapkan aparaturnya tapi semua harus siap menghadapi eras MEA.

Tujuannya menurut Gubernur supaya memberikan satu produksi misalnya ikan asar yang tidak bisa dijual secara sembarangan. Namun harus dilihat apakah sudah lulus uji seperti dari Balai POM dan barang yang hendak dipasarkan bagus atau tidak. Termasuk harus mempunyai sertifikasi dan ada daya lakunya.

Selain itu, Gubernur juga meminta kepada para pelaku usaha jangan merasa pesimis dengan tidak mengerti soal MEA. “Tahun 016 akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pasar tunggal dan basis produksi regional. Kawasan berdaya saing tinggi, kawasan dengan pembangunan ekonomi yang merata dan integrasi dengan perekonomian dunia sehingga ASEA akan menjadi kekuatan baru yang perlu diperhitungkan,”ungkap Gubernur dalam sambutan yang dibacakan Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua, Drs.Elia I.Loupatty pada sosialisasi Edukasi Publik Menghadapi  Implementasi  Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)  di Jayapura kemarin. (tim)

LEAVE A REPLY