Kerap Pemadaman Listrik, Gubernur Minta PLN Perbaiki Kinerja

JAYAPURA ā€“ Kerapnya pemadaman listrik di Kota Jayapura secara terus menerus yang terjadi akhir-akhir ini membuat Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH angkat bicara. Pasalnya pemadaman listrik tersebut tak jarang menimbulkan kerugian bagi dunia usaha hingga kalangan rumah tangga.

Menyikapi hal tersebut, Gubernur Lukas Enembe meminta PLN wilayah Papua dan Papua Barat untuk memperbaiki kinerjanya. “Kan belum lama ini Presiden Jokowi baru meresmikan proyek PLN di Kabupaten Jayapura sehingga itu menjadi harapan besar namun kenyataannya justru tambah parah,ā€¯tegasnya kepada wartawan kemarin.

Diakuinya, Presiden Jokowi sudah mempertaruhkan jabatannya untuk datang ke Papua dan meresmikan proyek-proyek milik PLN sehingga harus ada perbaikan ke depannya. “PLN diharapkan bisa memperbaiki kinerjanya dan jangan lagi ada gangguan seperti pemadaman listri,ā€¯imbuhnya.

Secara terpisah, GM PLN WIlayah Papua dan Papua Barat, Yohanes Sukrislismono mengatakan karena salah satu mesin PLTA Oria yang berkapasitas 10 megawatt mengalami kerusakan maka pihaknya mengalami defisit sebesar tujuh megawatt.

“Mesin penggerak vertikal pada PLTA Oria kemasukan lumpur sehingga sempat macet dan akhirnya sekarang bengkok. Jadi perbaikan diperkirakan paling tidak butuh waktu satu bulan,”katanya.

Sebelumnya, PT PLN Wilayah Papua dan Papua Barat mengaku membutuhkan waktu selama satu bulan untuk melakukan perbaikan terhadap mesin PLTA Oria yang tergenang sendimentasi sehingga tidak bisa beroperasi secara optimal di Distrik Unurumguay, Kabupaten Jayapura. (tim)

LEAVE A REPLY