Gubernur Tatap Muka Dengan Konselor Canada

JAYAPURA – Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH secara resmi menerima kunjungan dari Konselor Politik dan Hubungan Masyarakat Kedubes Canada untuk Indonesia bernama Helena Viau, Kamis kemarin. Pertemuan berlangsung akrab dan hanya satu jam. Setelah pertemuan, Gubernur tampak saling memberikan cinderamata.

Usai pertemuan, Gubernur Lukas Enembe menyatakan, pertemuan ini merupakan kunjungan pertama kali dari Konselor Canada ke Papua dan tidak banyak yang dibicakan hanya mendengarkan saja apa yang disampaikannya terkait situasi sosial dan politik di Papua.

“Kita berikan penjelasan mengenai apa yang terjadi di Papua secara umum. Kami tidak banyak berbicara, hanya membahas mengenai situasi politik di Papua. Helena Viau baru pertama datang ke Papua. Jadi kita jelaskan kepadanya situasi politik dan itu sudah saya jelaskan,”ungkapnya.

Gubernur membeberkan, pihaknya hanya menjelaskan bagaimana situasi keamanan di Papua, apalagi menjelang pemilukada dimana Papua bakal menggelar pesta demokrasi di 11 kabupaten/kota. “Saya jelaskan secara umum Papua bahwa dalam kondisi aman. Hanya daerah tertentu saja berpotensi konflik. Akan tetapi keamanan semua sudah siaga,”terangnya.

Gubernur mengakui, pihaknya sudah menjelaskan supaya pemilukada di Papua jangan terjadi seperti di DKI Jakarta, dimana penuh dengan SARA. Sebab menurut Gubernur bahwa kejadian di ibukota negara sudah mengarah pada disintegrasi bangsa. “Tetapi saya katakan kami di Papua semuanya baik. Kita tidak terjebak dalam situasi seperti itu,”ucapnya.

Ditempat yang sama, Helena Viau tak berkomentar banyak namun ia mengakui bahwa dirinya baru pertama kali datang ke Papua dan tujuannya adalah untuk belajar serta mengetahui banyak tentang Papua. Kata Helena, sebagai sebuah negara yang besar pihaknya memang sengaja melakukan kunjungan ke berbagai daerah di Indonesia termasuk Papua sesuai dengan bidang tugasnya di Kedubes Canada.

“Saya sangat tertarik dengan semua informasi yang diberikan Gubernur kepada saya,”akunya. “Saya berterima kasih kepada Pak Gubernur karena telah meluangkan waktunya. Beliau memberikan informasi yang cukup informatif. Saya tidak mau berkomentar banyak. Karena saya disini untuk belajar,”tandasnya. (tim)

LEAVE A REPLY