Ini Kata Gubernur Papua Terkait Rencana Penghapusan UN

JAYAPURA – Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH mengatakan, Pemerintah Provinsi Papua pada dasarnya menyambut baik rencana penghapusan Ujian Nasional pada tahun 2017 mendatang. Diakuinya, memang rencana penghapusan UN tersebut masih sebatas wacana dan belum ada keputusan dari Presiden Jokowi.

“Kan banyak daerah di Papua yang memprotes kebijakan UN itu sehingga ketika akan dikembalikan ke daerah maka langkah yang sangat bagus,”ungkap Gubernur.

Meskipun belum ada keputusan dari Presiden Jokowi dan informasinya masih ada dibahas dalam rapat kabinet namun Gubernur menilai bahwa hal itu sebagai langkah maju.

Bahkan Gubernur menyatakan bahwa ketika UN dihapus maka pemerintah daerah mempunyai kewenangan penuh untuk menentukan kelulusan. Namun demikian, ia menambahkan bahwa tentunya kewengan tersebut mengacu kepada hasil-hasil ujian yang diperoleh.

“Yang jelas kalaupun UN dihapus tentunya kita tetap berkoordinasi dengan kementerian terkait. Ini dilakukan dalam rangka transparansi,”tandasnya. (tim)

LEAVE A REPLY