JAYAPURA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilaporkan melakukan penggeledahan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi Papua, Rabu (1/2) sore kemarin. Penggeledahan oleh KPK tersebut belum diketahui terkait proyek yang bermasalah mana atau kasus apa namun santer diisukan mengenai pembangunan jalan di Kabupaten Jayapura tahun 2015. Namun diketahui bahwa penyidik KPK menyita sejumlah dokumen dari DPU Papua.
Tim penyidik KPK yang datang ke Kantor DPU diketahui berkisar lebih dari 10 orang bahkan mendapat pengawalan ketat dari anggota Brimob Polda Papua. Penggeladahan diketahui bukan saja di beberapa ruangan namun ruangan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Papua juga dilakukan penggeledahan.
“Wartawan silahkan menunggu diluar,”ujar salah seorang anggota Brimob kepada wartawan.
Ditempat berbeda, Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dihubungi sejumlah wartawan lewat telepon selulernya mengaku belum mengetahui persis penggeledahan yang dilakukan sehingga masih dilakukan cek. “Perlu kami cek terlebih dahulu,”katanya melalui pesan singkat.
Dari proses penggeladahan itu, tampak juga hadir Kepala DPU Provinsi Papua Michael Kambuaya. Ia mengakui juga diperiksa dan diminta keterangan oleh penyidik KPK. Ia menambahkan, pihaknya belum mengetahui terkait masalah proyek apa yang dilakukan pemeriksaan oleh KPK dan mengaku bahwa tidak ada proyek yang fiktif dilakukan di DPU Provinsi Papua. (tim)

LEAVE A REPLY