Khususnya Program 100 Hari Kehidupan

JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kesehatan Provinsi Papua akan terus mengintensifkan program Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dan Klemen Tinal, SE, MM.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes ketika ditemui di Kantor Gubernur Papua, mengungkapkan, salah satu program unggulan tersebut adalah program 1000 hari kehidupan yang menjadi salah satu primadona dari program Gerbangmas Hasrat Papua.

“Program ini merupakan primadona yang terintegrasi dalam program Gerbangmas Hasrat Papua sehingga selaku SKPD terkait kami siap untuk mengintensifkan program ini,”tegasnya.

Dikatakan, program 1000 hari pertama kehidupan dihitung mulai dari anak masih dalam kandungan yakni 9 bulan 10 hari sama dengan 280 hari dan sampai anak tersebut berusia 2 tahun (720 hari) dengan catatan 1 bulan = 30 hari. Hal in mendapat perhatian di beberapa daerah dan berjalan sukses di Kabupaten Tolikara dimana banyak membantu ibu hamil maupun ibu menyusui.

“Kegiatan ini berupa pemberian makanan bergizi kepada ibu hamil dan ibu menyusui ini dilakukan setiap hari,”katanya.

Selain itu, ada kegiatan rutin yang dilaksanakan di posyandu yaitu doa bersama, stimulasi janin dengan menggunakan kata-kata yang indah dengan suara ibu, penyuluhan- penyuluhan, pemeriksaan kehamilan setiap seminggu sekali didampingi oleh bidan dan satu bulan sekali di dampingi dokter, cuci tangan, pembuatan susu ibu hamil, makan bergizi bersama, pemberian vitamin Folamil 1 tablet setiap hari dan masing-masing ibu hamil dibekali pemberiaan makanan tambahan ibu hamil untuk dikonsumsi pada sore atau malam hari ini. (tim)

LEAVE A REPLY