JAYAPURA – Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Drs. Elia Loupatty, MM meminta kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua agar segera menyusun Laporan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) tahun 2016.

“Penyusunan LPPD ini diharapkan menjadi perhatian dari SKPD mengingat untuk LPPD tingkat provinsi posisi Papua selalu peringkat terakhir dari seluruh provinsi di Indonesia. Ini yang harus menjadi perhatian dari SKPD dan semoga penyusunan LPPD ini semakin baik,”ungkapnya kepada wartawan.

Elia Loupatty menjelaskan pentingnya penyusunan LPPD karena Pemprov Papua saat ini tengah berkomitmen untuk tata kelola pemerintahan yang baik. “Pemprov Papua berkomitmen untuk tata kelola pemerintahan yang baik sehingga hal ini yang menjadi catatan bagi OPD untuk bagaimana menyusun LPPD, dengan baik,”jelasnya.

Ia mengharapkan kepada Biro Tata Pemerintahan Setda Papua agar memperhatikan penyusunan LPPD untuk tahun 2017 mengingat beberapa badan maupun biro akan dihilangkan atau dilebur dan belum lagi penambahan organisasi perangkat daerah baru.

“Ini yang menjadi perhatian, mengingat akan ada OPD yang dikurang dan meski ada lagi OPD yang ditambah sehingga saya minta menjadi perhatian dari Biro Tapem untuk mengemas hal ini dengan baik,”ujarnya.

Menurut Loupatty, meski penyusunan LPPD ini berlangsung dalam waktu singkat maka pihaknya mengharapkan penyusunan LPPD ini harus berkualitas ketika diserahkan kepada BPK RI pada 31 Maret.

“Dengan waktu yang ada, kita harapkan hasil penyusunan LPPD tetap berkualitas sebab mengingat ini bakal menentukan rangking dari Pemprov Papua sendiri apakah tetap sama dengan tahun sebelumnya, atau ada peningkatan,”imbuhnya.

Ditambahkan, meskipun LPPD Provinsi Papua bergantung pada laporan dari SKPD akan tetapi penentuan peringkat Provinsi Papua juga bergantung pada LPPD kabupaten/kota. “Jadi selain LPPD dari SKPD juga bergantung pada LPPD kabupaten/kota,”tandasnya. (tim)

LEAVE A REPLY