JAYAPURA – Gubernur Papua, SIP, MH meminta para Bupati dan Walikota Se-Papua agar dapat menjaga kekompakan, keamanan dan ketertiban saat pilkada serentak tahap kedua yang akan digelar pada 15 Februari 2017 mendatang.

Gubernur mengungkapkan, untuk menjaga situasi keamanan dan keteriban di Papua saat pilkada serentak nanti maka Bupati dan Walikota telah sepakat menjaga kekompakan.
Dengan demikian pelaksanaan pilkada dapat berjalan lancar dan aman.

“Jangan sampai jadi masalah dan jangan yang kalah gugat menggugat. Kita mau situasi Papua berjalan dengan baik dan jangan menciptakan situasi yang lebih rumit bahkan harus berpegang teguh pada aturan-aturan yang berlaku sehingga tidak merugikan rakyat,”ajaknya.

Gubernur Enembe menjelaskan pihaknya juga meminta TNI dan Polri untuk netral selama pelaksanaan pilkada serentak.

“Jangan sampai kasus di beberapa daerah yang bermasalah terulang karena ulah oknum anggota yang terlibat dalam proses pilkada karena ini akan menjadi temuan,”katanya.

Menurutnya, para penyelenggara pilkada ditambah pihak TNI dan Polri harus dapat mencegah bahkan menghindari hal-hal yang menghambat pelaksanaan pesta demokrasi di Papua.

“Tidak usah jauh-jauh, di Kota Jayapura juga terjadi permasalahan dalam pelaksanaan pilkada serentak dimana sudah dibawa hingga ke tingkat Dewan Kehormatan Penyelenggaraan Pemilu (DKPP),ucap GUbernur.

Dia menambahkan, pihaknya berharap permasalahan pilkada di Kota Jayapura dapat segera diselesaikan melalui sidang di DKPP karena salah satu pasangan calon masih menuntut atas hasil persengketaan.

“Yang jelas jika tidak segera diselesaikan maka rakyat yang akan menjadi korban konflik yang timbul akibat pelaksanaan pilkada,”tandasnya. (tim)

LEAVE A REPLY