JAYAPURA – Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH secara resmi melantik Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua, Drs.Elia I. Loupatty, MM sebagai Penjabat Bupati Kabupaten Sarmi di Sasana Krida Kantor Gubernur, Selasa (7/2/) kemarin.

Dalam sambutannya, Gubernur mengharapkan, pelaksanaan pemerintahan dan pilkada di Kabupaten Sarmi dapat berjalan dengan baik.

“Penjabat mempunyai tugas yakni melaksanakan tugas pemerintahan sampai pelantikan bupati terpilih,” jelasnya.

Ditegaskan Gubernur, pelantikan ini sesuai amanat konstitusi sebagaimana dimaksud maka kekosongan jabatan Bupati Sarmi harus diisi dengan ditetapkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri.

“SK Mendagri Tahun 2016 tanggal 30 Desember 2016 tentang pengangkatan Penjabat Bupati Sarmi Provinsi Papua dalam rangka menjalankan roda pemerintahan tahun 2016-2017 sampai pilkada serentak dilaksanakan dan mempunyai Bupati Sarmi yang definitif,”katanya.

Gubernur Lukas Enembe menjelaskan dengan dilantiknya Elia Loupatty maka secara resmi menjadi Penjabat Bupati Sarmi dan memiliki kewenangan penuh untuk memimpin serta mengkoordinir seluruh penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di kabupaten setempat.

“Pejabat Bupati Sarmi diminta menjaga kewibawaan pemerintah daerah setempat dengan merangkul semua pimpinan SKPD serta stakeholder lainnya dalam membangun hubungan kerja sama dan koordinasi yang lebih baik,”ajaknya.

Gubernur menuturkan pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat, aparatur pemerintah, aparat keamanan TNI/Polri dan para pemangku kepentingan untuk bekerjasama serta mendukung kepemimpinan pejabat bupati yang baru dilantik.

“Untuk penjabat bupati, sebagai kepala daerah agar menjaga dan mampu mengendalikan situasi keamanan serta ketertiban daerah sehingga tetap aman kemudian kondusif dalam rangka mendukung tugas pemerintahan,”imbuhnya.

Dia menambahkan, penjabat bupati yang baru dilantik diharapkan dapat mengawal penyelenggaraan pilkada serentak dan menjaga stabilitas dalam tahapan pemilu sampai dengan terpilihnya bupati definitif di Kabupaten Sarmi.

“Saudara Elia I Loupatty saya harapkan agar memimpin Sarmi dengan baik karena selama ini kita tahu bupati dan wakil bupati tidak sejalan termasuk sekda ganti-ganti, SKPD ganti-ganti kemudian membuat grup sendiri-diri ini yang menyebabkan pembangunan tidak berjalan dengan baik,”tandasnya. (tim)

LEAVE A REPLY