JAYAPURA – Sebanyak enam Pelaksana Tugas (Plt) Bupati dipastikan bakal ditarik kembali ke jabatan sebelumnya di Pemerintahan Provinsi Papua. Keenam Plt Bupati tersebut antara lain, Plt Bupati Kabupaten Jayapura, Tolikara, Puncak Jaya, Intan Jaya, Dogiyai dan Kepulauan Yapen.

Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH mengatakan, penarikan keenam pelaksana tugas Bupati ini karena masa tugasnya akan berakhir hingga 11 Februari 2017 mendatang.

“Kita bakal menarik mereka semua tapi untuk Kabupaten Sarmi kan masa jabatan sudah selesai sehingga akan dilanjutkan hingga dilantik Penjabat Bupati Sarmi Drs. Elia I Loupatty, MM. Demikian dengan Kabupaten Mappi,”ungkapnya.

Diakui Gubernur, hampir semua pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua diturunkan untuk mengisi kekosongan bupati di 11 kabupaten/kota yang akan melaksanakan pilkada.

“Saya punya pejabat sudah habis semua diturunkan. Dan kepada Plt.Bupati yang sudah habis masa jabatannya akan ditarik kembali ke provinsi,”bebernya.

Mengenai Kabupaten Mappi yang sudah habis masa jabatannya maka Pemprov Papua bakal mengusulkan nama Penjabat Bupati Kabupaten Mappi pasca berakhirnya kepemimpinan Bupati Stevanus Kaisma dan Wakil Bupati Benyamin Ngali pada bulan Februari ini.

“Jadi setelah kita melantik Penjabat Kabupaten Bupati Sarmi maka kita juga bakal melantik Penjabat Bupati Kabupaten Mappi. Saya sudah meminta supaya diusulkan nama Penjabat Bupati Mappi untuk diusulkan ke Mendagri,”imbuhnya.

Gubernur berharap para penjabat yang diturunkan dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam melaksanakan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan hingga pembinaan kemasyarakatan.

“Saya hanya berharap ini menjadi perhatian dari pejabat bupati agar tidak melakukan pergantian tanpa ada ijin dari Mendagri. Ini jadi perhatian,”tandasnya. (tim)

LEAVE A REPLY