AMBON – Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (SIWO PWI) secara resmi mendukung Papua sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olaharaga Wartawan Nasional (Porwanas) pada tahun 2019.

Dukungan Papua menjadi tuan rumah Porwanas ini merupakan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) SIWO PWI seluruh Indonesia di Banjarmasin 2016 lalu. Kemudian kembali mendapat dukungan penuh pada pertemuan silahturami SIWO PWI disela-sela HUT HPN di Ambon, Rabu (8/02) kemarin.

“Dukungan SIWO PWI ini penting karena yang hadir di sini kan pengurus SIWO dari berbagai provinsi. Artinya komitmen dukungan mereka itu cukup ada pengaruhnya,”ungkap Ketua SIWO Pusat Raja Pane.

Raja menyatakan, para awak media olahraga sangat mendukung adanya pelaksanaan Porwanas di Papua karena Papua akan menjadi tuan rumah PON XX tahun 2020.

“Kita semua ingin Papua maju dalam bidang infrastruktur, ekonomi, pariwisata sama seperti daerah lain di Indonesian,”katanya.

Hanya saja, Raja meminta kepada SIWO PWI Papua untuk intens melakukan koordinasi dengan Gubernur Papua dan DPR Papua karena bukan saja Porwanas namun ada pelaksanaan PON XX dan Peparnas.

“Kami SIWO dan PWI siap membantu Papua mempresentasikan program kerja Gubernur Papua terkait dengan kegiatan PON di Papua,”imbunya.

Ia mengakui, yang menjadi masalah utama terhadap wartawan dari luar Papua adalah transportasi tapi masalah ini bisa diatasi jika ada komunikasi yang baik antara Pemerintah Provinsi Papua, PWI Papua, PWI Pusat maupun dengan Panglima TNI.

“Semua wartawan punya kerinduan ke Papua. Saya sudah merasakan bagaimana Konkernas PWI di Jayapura tahun 2008 dimana kita semua naik pesawat Hercules dari Jakarta. Kita bisa komunikasikan ini dengan baik bahkan bisa juga kita kerjasama dengan penerbangan swasta. Semua ini bisa jalan jika ada komunikasi yang intens dilakukan,”tandasnya. (tim)

LEAVE A REPLY