SENTANI – Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Jayapura melakukan kegiatan diseminasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di SMA Asisi Sentani Jayapura.

Kegiatan yang dibuka langsung Wakil Kepala Sekolah SMA Asisi Bidang Kesiswaan, Yustin mengatakan, agar seluruh siswa mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir dan harus bertanya apabila ada yang belum di ketahui. Sebab saat ini mafia narkotika sudah mengincar siswa sebagai pasar narkotikanya.

“Peredaran narkoba ini sudah sampai ke tingkat bawah yakni mulai dari siswa dari sekolah dasar hingga Perguruan tinggi. Sehingga siswa harus tahu apa itu narkotika dan apa bahayannya serta bagaimana melakukan pencegahannya,”kata Yustin.

Sementara itu, Kepala BNNK Jayapura, Arianto mengungkapkan, narkotika adalah penyakit otak kronis dan kambuhan yang sangat berbahaya bagi masyarakat. Walaupun sudah di rehabilitasi tapi tidak bisa pulih seperti semula.

“Akibat dari narkoba bisa overdosis dan mati kemudian kriminalitas, melarat jatuh miskin, melakukan sex bebas, gangguan mental, dapat bunuh diri, penyakit aids, paru-paru, jantung dan hepatitis.

Animo siswa luar biasa dengan banyak pertanyaan termasuk masalah pidana pada mafia narkotika,”jelasnya.

“Saya mengajak kita semua untuk bersama-sama mengatakan tidak pada narkoba. Sehingga generasi penerus kita ini betul-betul terlindungi dari bahaya narkoba yang saat ini sudah sampai ke kampung-kampung,”tandasnya. (tim)

LEAVE A REPLY