JAYAPURA – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengatakan, untuk proyek pembangunan Palapa Ring di Papua diharapkan semua stakeholder bisa mendukung penuh dalam rangka peningkatan ilmu pengetahuan dibidang teknologi informatika.

“Jadi bukan masyarakat adat saja yang diharapkan mendukung proyek Palapa Ring ini tapi seluruh Bupati dan Wali Kota juga harus mendukung dan terlibat,”tegas Gubernur saat memberikan sambutan pada acara sosialisasi proyek ini di Sasana Krida, Kamis (23/2).

Diakuinya, proyek pembangunan Palapa Ring ini akan menjadi link dan penghubung antar kabupaten serta mempermudah komunikasi.

“Untuk itu, perlu memberikan kemudahan serta dukungan penuh dalam bentuk pemberian rekomendasi penyedian lahan sesuai ketentuan yang berlaku. Dengan demikian terlaksana dengan baik demi kepentingan masyarakat Papua,”tambahnya.

Disamping itu, khusus kepada pihak BUMN/BUMD serta sektor swasta yang bergerak dibidang teknologi informasi maka proyek ini momentum membuka kesempatan untuk dapat mengembangkan usahanya di Papua.

“Proyek ini merupakan proyek strategis nasional dan ini bukti perhatian Presiden Jokowi bagi Papua. Hanya tinggal bagaimana peran para kepala daerah untuk memastikan tidak ada klaim hak ulayat nanti saat pembangunan mulai dilakukan,”ucapnya.

Ia menambahkan, jika proyek Palapa Ring telah diefektifkan di Papua maka Pemerintah Provinsi Papua akan bekerjasama dengan kepolisian setempat untuk menyaring informasi-informasi apa saja yang bisa disebar luaskan. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kasus kriminalitas di Papua. (ing/rm)

LEAVE A REPLY