JAYAPURA – Dinas Olah Raga dan Pemuda (Dispora) Provinsi Papua akan melakukan kerjasama dengan Dispora Jawa Timur dalam rangka untuk meningkatkan prestasi atlet pada Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Papua.

“Kerjasama ini akan dilakukan dalam waktu dekat dan baru pertama kalinya dilakukan selama PPLP Papua berdiri. Kerjasama ini dalam rangka pengembangan sumber daya atlet-atlet Papua untuk berprestasi kedepan,”kata Kadispora Papua, Dr. Yusuf Yambe Yabdi, ST, MMT usai melakukan pertemuan dengan seluruh staf Dispora, Rabu (1/3).

Yusuf mengatakan, prestasi PPLP Papua dalam beberapa tahun terakhir sangat menurun bahkan dalam pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat 2016 sangat minim atlet-atlet PPLP Papua menyumbang medali bagi kontingen Papua.

“Saya ingin PPLP Papua kembali seperti zaman tahun 90-an. Dimana kontingen Papua sebagian besar adalah atlet-atlet PPLP Papua,”tegasnya.

Menurutnya, Jawa Timur saat ini salah satu provinsi yang berhasil mencetak atlet berkelas nasional bahkan internasional di cabornya. Oleh karena itu, kita akan melakukan kerjasama dimana pelatih-pelatih mereka akan kita datangkan ke Papua ataupun pelatih
PPLP Papua yang akan kita magangkan ke Jawa Timur.

“Untuk menjadikan PPLP sebagai jantung pembinaan atlet dan sentra olahraga maka kita harus benahi. Tentu akan kita dilengkapi dengan fasilitas dan sarana yang cukup memadai,”imbuhnya.

Ia kembali menegaskan, untuk menjadikan PPLP sebagai jantung pembinaan atlet maka harus dimulai dari pelatih supaya bisa melatih atlet dengan baik.

“Kita ingin PPLP menjadi sentra yang bisa mencetak atlet nasional termasuk untuk cabang olahraga sepak bola yang menjadi idola masyakat Papua,”ujarnya.

Diketahui, 14 cabor PPLP antara lain, cabor Atletik, Dayung, Voli, Bola Basket , Tinju, Gulat, Pencat Silat, Taekwonda, Tenis Lapangan, Karate, Sepak bola, Judo dan cabor Renang. (lam/rm)

LEAVE A REPLY