JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua mendukung kebijakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dalam perekrutan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkompetensi.

Hal ini diungkapkan, Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH dalam sambutannya pada Rapat Kerja Aparat Sipil Negara (ASN) Se-Provinsi Papua di Aula Balai Diklat Provinsi Papua, Jumat (3/3).

“Apa yang dilakukan oleh KementerianPAN dan RB sudah benar. Rekrutmen pegawai harus dilakukan sesuai dengan kompetensi,”jelasnya.

Gubernur mengungkapkan, dengan kebijakan perekrutan pegawai yang berkompetensi akan memberikan dampak baik terhadap kinerja pegawai.

“Tidak ada lagi pegawai malas seperti di provinsi, walaupun pegawai banyak tetapi tidak tau kerjanya apa,”tegasnya.

Dijelaskannya, banyaknya pegawai yang malas di lingkup Pemerintah Provinsi Papua disebabkan karena lebih banyak merekrut pegawai umum.

“Jadi diharapkan kedepan perekrutan akan kita lakukan selektif dan harus mempunyai kualifikasi serta kapasitas yang memadai pegawai. Kalau orang perhubungan harus benar-benar kualifikasinya orang perhubungan,”bebernya.

Ia memberikan contoh pada saat apel pagi dimana jumlah ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua yang hadir hanya sekitar 3 ribu orang dari 7500 orang ASN.

“Disiplin pegawai ini terutama yang hadir pada apel kita pantau setiap saat, jumlah pegawai terlalu banyak tetapi kita tidak tau kerjanya apa,”terangnya.

Gubernur berharap dengan adanya perubahan rukretmen yang lebih menguatamakan kapasitas dan kompetensi serta kualitas dapat merubah disiplin ASN yang selama ini malas dan tidak melakukan penerimaan bagi taman sekolah umum.

“Juga pengangkatan pegawai akan kita fokuskan pada terhadap pegawai yang mempunyai kapasitas dan kualitas serta penerimaan tidak untuk umum,” katanya lagi.

Sebelumnya, Menteri Menpan-RB Asman Abnur mengungkapkan, penerimaan ASN kedepan akan dilakukan sesuai kebutuhan yang akan diisi oleh orang-orang betul-betul mempunyai kompetensi.

“ASN kedepan betul-betul orang pintar. Orang yang mempunyai kemampuan dapat bekerja dengan baik,”tandasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY