JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua lewat Dinas Olahraga dan Pemuda (Disorda) bakal mengevaluasi 14 pelatih cabang olahraga pada Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Papua setiap tiga bulan sekali.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Disorda Papua, Dominggus Lutrun mengatakan, sesuai dengan arahan Kepala Disorda Papua, DR. Yusuf Yambe Yabdi, ST, MMT bahwa setiap tiga bulan sekali akan dilakukan evaluasi secara keseluruhan terhadap kinerja pelatih PPLP.

Evaluasi tersebut, menurut Dominggus bahwa pelatih PPLP diwajibkan melakukan pelaporan dan pelatihan setiap bulan. Kemudian setelah tiga bulan berjalan itu dilakukan evaluasi secara umum.

“Dalam evaluasi tiga bulan itu sekaligus menjadi ajang promosi dan degradasi pelatih,”terangnya.

Disamping evaluasi bulanan itu, tentunya bakal mendengarkan laporan hasil latihan harian. Artinya bahwa ketika dalam tiga bulan tidak ada peningkatan kinerja membimbing atlet maka pelatih bisa diganti.

“Kami sudah membentuk tim teknis yang bekerja secara independen untuk kepentingan mengevaluasi kerja para pelatih. Tim ini terdiri dari lima orang  yang diketuai Carol Renwarin, Demianus Heipon (pakar olahraga). Kemudian Saharuddin Ita, Ewendy Mangolo dan Pahala Hutajulu (akademisi),”ujarnya.

Sementara itu, Herman Dambujai pelatih atletik nomor lempar dan tolak sangat setuju diberlakukan evaluasi terhadap kinerja pelatih PPLP.

“Evaluasi ini sangat baik sehingga bisa menilai kerja pelatih. Apakah dia menjalankan tugasnya secara baik atau sebaliknya. Pelatih pun lebih bertanggungjawab dalam membimbing atlet,”katanya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY