JAYAPURA – Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) berencana akan membangun mall pelayanan publik di Papua yang dipusatkan di Mall Jayapura.

MenPAN-RB, Asman Abnur mengatakan, pemerintah pusat sudah memulai mall pelayanan publik ini di tiga kota yakni Surabaya, Batam dan Jakarta kemudian akan membangun salah satunya di Papua yang dinamai Publik Mall Jayapura.

“Kita harapkan ini menjadi semangat baru bagi masyarakat di Papua. Bahkan kita juga memohon dukungan Gubernur Papua sehingga ini bisa dimulai di Jayapura,”ungkap KemenPAN-RB kepada wartawan belum lama ini.

Dijelaskannya, dengan adanya mall pelayanan publik ini akan mempermudah masyarakat yang akan berurusan dengan pemerintah sehingga tidak dipersulit lagi kemudian tidak tergantung lagi kepada pejabatnya.

Selain itu, mall pelayanan publik ditujukan untuk memperbaiki kualitas pelayanan publik yang selama ini banyak ditemukan keluhan.

“Mohon dukungan pak Gubernur Papua kalau kita sekarang sementara mendesain pelayanan publik yang modelnya seperti mall. Jadi kalau pak Gubernur pernah masuk mall di Jakarta akan menemui semua kebutuhan disitu,”terang KemenPAN-RB.

Lebih jauh diungkapkannya, dalam mall pelayanan publik ini semua pelayanan ada misalnya pelayanan kependudukan dan catatan sipil kemudian untuk pengurusan paspor termasuk urusan pemerintah pusat yang mempunyai perizinannya.

“Semua nantinya akan bisa diurus disitu. Jadi ini secara langsung dapat mempermudah masyarakat,”tandasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY