JAYAPURA – Sebuah prestasi berhasil ditoreh Pemerintah Provinsi Papua di era kepemimpinan Gubernur Lukas Enembe, SIP, MH dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, SE, MM lewat pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih.

Ya, ternyata Pemprov Papua adalah provinsi keempat yang telah melaunching sistem E-Government Papua dan Forum Pembangunan Papua.

Hal itu terbukti setelah dilakukannya peresmian dan peluncuran sistem ini disaksikan langsung Wakil Ketua KPK Bidang Penindakan, Irjen Pol. (Purn) Basaria Panjaitan, SH, MH dan Staf Ahli Bidang Pemerataan dan Kewilayaan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Dr. Ir. Taufik Hanafi, MUP.
Taufik mengaku, Provinsi Papua merupakan provinsi keempat di Indonesia yang meluncurkan E-Government.

“Tidak banyak provinsi yang telah melaunching E-Govermance. Tiga provinsi yang sebelumnya meluncurkan E-Government adalah Jawa barat, Bengkulu dan Sumatera Utara sementara Papua merupakan provinsi ke-empat,”ungkapnya dalam Peluncuran E-Government Papua di Sasana Krida, Kantor Gubernur Papua, Rabu (8/3).

Ia menyambut baik peluncuran ini, sebab di dalam E-Govermance ada komponen yang tidak kalah pentingnya yakni komponen perencanaan dan penganggaran.

Hal ini menurutnya sangat penting bahwa untuk memastikan sinkronisasi antara perencanaan dan penganggaran.

“E-Govermance ini sangat penting untuk memastikan apa yang direncanakan itu dapat terjadi dilapangan. Inilah salah satu intrumen pentingnya manfaat dari E-Govermance,”katanya.

“Tadi disampaikan bahwa setiap rupiah yang dikeluarkan harus bisa memberikan kesejahteraan seluas-luasnya bagi masyarakat Papua. E-Govermance merupakan semangat dari salah satu tersebut,”lanjutnya.

Diakuinya, peluncuran E-Government ini bukan akhir tetapi baru tahap awal bagaimana ini dilaksanakan dilapangan nanti.

“Ternyata yang kita saksikan hari ini adalah baru tahap awal. Komitmen Pemprov Papua untuk meningkatkan dan mendekatkan layanan salah satunya bidang kesehatan dan pendidikan juga akan memanfaatkan teknologi contohnya di bidang kesehatan,”bebernya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, tambahnya, Pemprov Papua bersama-sama dengan Kementerian Kesehatan akan memanfaatkan teknologi informasi apalagi sudah ada Satelit Palapa Ring di Papua.

“Oleh karena itu layanan ini akan sangat mendorong mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Jadi komunkasi antara satuan-satuan layanan kesehatan mulai dari rumah sakit sampai puskesmas akan sangat terbantu dengan adanya pemanfaatan teknologi yang salah satu komponen utamanya adalah telekomunikasi dan informasi,”imbuhnya.

“Kami sangat bangga bahwa Provinsi Papua merupakan provinsi yang keempat melaunching E-Govermance ini akan memperkuat mulai dari perizinan, perencanaan dan penganggaran serta akan memperkuat transparansi dan akuntabilitas,”ujarnya. (lam/ing/rm)

LEAVE A REPLY