JAYAPURA – Meski tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua periode 2018-2023 belum dimulai, namun Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Papua sudah lebih dulu menyatakan sikapnya untuk mendukung sosok Lukas Enembe, SIP, MH sebagai Gubernur Papua dua periode.

Pernyataan sikap bulat untuk mendukung Gubernur Papua Lukas Enembe untuk dua periode itu sebagaimana ditegaskan Ketua DPW PAN Provinsi Papua, Abock Busup, MA saat ditemui wartawan usai menyerahkan hasil Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) DPW PAN Papua di Jayapura pada bulan Januari 2017.

Dijelaskan Abock Busup, dalam Rakerwil tersebut pihaknya membahas program kerja partai dimana salah satunya adalah memutuskan memberikan rekomendasi dukungan untuk calon Gubernur Papua kepada bapak Lukas Enembe, SIP, MH untuk dua periode.

“Bentuk dukungan kami sudah diplenokan dalam Rakerwil DPW PAN Papua untuk bursa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua periode 2018-2023, DPW PAN Papua memberikan dukungan tunggal kepada Lukas Enembe, SIP, MH untuk jilid II,”tegasnya.

Diakui Abock Busup yang juga Bupati Yahukimo, pemberian dukungan partai kepada Lukas Enembe bukan tanpa alas an. Yakni karena Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai petahana dinilai telah membawa perubahan bagi tanah Papua dengan berbagai program dan kebijakan pro rakyat.

“Salah satu kebijakan yang kami nilai fenomenal adalah alokasi dana Otonomi Khusus 80 persen untuk kabupaten/kota. Kebijakan ini dirasakan langsung oleh masyarakat,”katanya.
Selain itu, lanjutnya, ada beberapa program-program dan terobosan yang telah dilakukan dan mampu mengangkat harkat dan martabat orang Papua seperti adanya penurunan angka kemiskinan dan IPM Papua.

“Jadi disini kami tegaskan bahwa Lukas Enembe tetap melanjutkan jilid II setelah itu orang lain bisa maju Gubernur,”terangnya.

Ia menambahkan, DPW PAN Papua hanya memberikan dukungan kepada Lukas Enembe dan tidak mendukung calon lain dalam Pilgub nanti.

Dan sebagai bentuk dukungan DPW PAN Papua kepada Lukas Enembe maka DPW PAN Papua telah melakukan kesepakan dengan DPC PAN di 29 kabupaten/kota untuk bulat mendukung Lukas Enembe jadi Gubernur jilid II.

“Ini merupakan keputusan dari partai kami. Dan ini merupakan keputusan resmi dimana keputusan ini dihadiri oleh Sekjen DPP PAN dan Wakil Ketua Umum,”tegasnya lagi.

Mengenai kursi DPW PAN Papua di DPRP, Abock menambahkan, saat ini PAN Papua mempunyai dua kuris di DPRP sementara untuk kabupaten/kota ada 66 Kursi.

“Dengan modal ini kita optimis bisa memengkan Lukas Enembe,”tandasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY