Warning Oknum Pelaku Penebangan Liar

JAYAPURA – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengungkapkan, hutan Papua merupakan paru-paru dunia yang perlu mendapat perhatian dan pengawasan dari semua pihak terutama masalah illegal loging.

“Kita harus cegah illegal loging. Kita harus cegah pembabatan hutan secara ilegal karena ini berdampak buruk terhadap hutan Papua,”tegasnya.

Untuk menjaga kelestarian hutan di Papua, Gubernur Lukas Enembe meminta dan mengingatkan kepada seluruh Bupati dan Wali Kota agar dapat menjaga hutan Papua.

“Memang tidak semua kabupaten ada ilegal loging tetapi saya ingatkan untuk beberapa kabupaten seperti Nabire masih terjadi ilegal loging. Ini dikarenakan izin-izin yang diberikan ini tumpang tindih,”katanya.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 18 tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maka segala kebijakan maupun izin-izin saat ini tidak lagi dikeluarkan oleh Bupati atau Wali Kota tetapi dikeluarkan Gubernur.

“Seperti pemberian izin pertambangan maupun imvestasi lainnya menjadi kewenangan dari provinsi. Bahkan pihaknya berjanji untuk memperketat perizinan terhadap investasi kelapa sawit karena beberapa perusahaan kelapa sawit diduga melakukan pembakaran hutan. Padahal pihaknya berkomitmen untuk menjaga hutan Papua,”terang Enembe.

“Saya ingatkan kepada Bupati Merauke bahwa banyak perusahan sawit yang turut serta merusak hutan Papua, padahal kita sudah berkomitmen untuk menyelamatkan hutan Papua,”ucapnya.

Selain itu, Gubernur juga memberikan peringatan keras kepada pelaku-pelaku peramban hutan di Papua. Karena semua elemen harus tetap menjaga dan melestarikan hutan serta tidak melakukan penebangan liar. (ing/rm)

LEAVE A REPLY