JAYAPURA – Untuk menarik wisatawan baik dari mancanegara maupun dalam negeri maka Pemerintah Provinsi Papua mulai mengembangkan potensi-potensi objek wisata yang dianggap mampu menarik wisatawan ke Papua.

Salah satu potensi wisata yang akan dikembangkan Pemprov Papua adalah pengembangan wisata alam bawah laut Sausapor di kawasan perairan Kabupaten Biak dan Supiori.

Kepala Dinas Pariwisata Papua, Yoseph Matutina, S.Sos, M.Si kepada wartawan mengaku, Provinsi Papua kaya akan seni dan budayanya serta mempunyai potensi destinasi objek wisata yang sangat luar biasa.

“Hal ini yang perlu dikembangkan guna menarik minta wisatawan ke Papua,”jelasnya.

Mengenai peresmian wisata alam bawah laut Sausapor di kawasan perairan Kabupaten Biak dan Supiori, Yoseph Matutina mengaku, akan segera memberikan laporan kepada Gubernur Papua agar pada saat 4 tahun kepemimpinan pada 9 April 2017 mendatang dapat diresmikan.

“Kami segera akan laporkan kepada Pak Gubernur bahwa 4 tahun kepemimpinan beliau akan meresmikan beberapa kegiatan termasuk wisata Sausapor,”ungkapnya.

Pengembangan pariwisata di Biak dan Supiori, lanjutnya sudah dimulai sejak tahun 2016.

“Kami mengharapkan pengembangan wisata Sausapor ini dapat menarik wisatawan domestik maupun manca negara sekaligus meningkatkan PAD dan ekonomi masyarakat setempat,”katanya.

Namun demikian, katanya, jadwal peresmian wisata Sausapor masih akan dikoordinasikan dengan Dinas Pariwisata Supiori. (ing/rm)

LEAVE A REPLY