JAYAPURA – Upaya Pemerintah Provinsi Papua di era kepemimpinan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dan Wakil Gubernur Klemen Tinal, SE, MM untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bukan isapan jempol belaka.

Ya, dari hasil pembangunan yang sudah dilakukan dari sektor perumahan yang ditangangi OPD terkait ternyata total rumah yang telah dibangun sampai tahun 2016 sebanyak 8934 unit yang tersebar di Kabupaten/Kota Se-Papua.

Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Provinsi Papua, Daud Ngabalin kepada wartawan, Rabu (22/3) mengungkapkan, pembangunan perumahan ini bersumber dari dana APBN sebanyak 3.473 unit dan APBD Provinsi Papua 732 unit, APBD kabupaten/kota sebanyak 4.729 unit.

“Total yang telah terbangun sampai tahun 2016 sebanyak 8.934 unit,”ungkapnya.

Jumlah rumah yang dibangun ini, kata Daud Ngabalin, dibangun selama 4 tahun kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua yang akan diresmikan bertepatan pada 4 tahun kepemimpinan pada tanggal 9 April 2017 nanti.

Untuk mewujudkan target pembangunan perumahan sesuai target yakni sebanyak 13 ribu unit maka tahun ini Pemprov Papua akan kembali membangun sebanyak 1.680 unit yang sumber anggaran dari APBN sebanyak 500 unit, dana APBD Provinsi Papua sebanyak 180 unit dan kabupaten/kota sebanyak sebanyak 1.000 unit.

“Sehingga total perumahan yang terbangun sampai tahun 2017 adalah 10.614 unit. Sisanya adalah 2.386 unit akan dibangun pada tahun 2018 dan berdasarkan koordinasi dengan kabupaten/ kota serta Bappeda serta instansi terkait bahwa jumlah tersebut bisa tercapai,”katanya.

Ditambahkannya, pembangunan perumahan ini ditargetkan dapat tercapai pada tahun 2018 sebelum bertepatan dengan masa berakhirnya jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua.

“Pembangunan perumahan 13 ribu unit rumah ini merupakan program Gubernur dan Wakil Gubernur Papua diperuntukan bagi masyarakat asli Papua,”terangnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY