AYAPURA – Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Drs. Elia I Loupatty, MM meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua agar dapat mengekspor hasil produksi sesuai tugas pokok dan fungsi.

“Saya minta agar OPD lain dapat mengekspor hasil produksinya ke luar negeri seperti yang telah dilakukan oleh Dinas Kehutanan Papua yang telah mengekspor kayu ke Tiongkok,”ungkapnya kepada wartawan.

Menurutnya, potensi kekayaan Papua yang dapat di ekspor cukup banyak seperti kopi atau barang-barang non kayu yang ada di papua.

Sebab, dengan adanya ekspor seperti ini akan memberikan PAD bagi daerah.

Dijelaskannya, beberapa waktu lalu Menteri Pertanian, Amran Sulaiman bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dan Bupati Merauke, Fredikus Gebze melepas ekspor perdana beras ke Papua Nugini di Merauke yakni beras premium sebanyak 1 truk dan ditargetkan 10 ribu ton hasil panen musim hujan 2017.

Oleh karena itu, setelah 72 tahun melakukan impor beras, kini di tahun 2017 Indonesia mampu mengekspor beras dari Merauke ke negara tetangga yaitu Papua Nugini.
“Harga beras yang diekspor Rp 10 ribu per kg,”imbuhnya.

“Ekspor beras ini merupakan upaya dalam rangka mensejahterakan para petani. Sebab dulu beras untuk kebutuhan di Papua diambil dari provinsi lain sehingga biaya beras mahal karena biaya angkutan ditanggung masyarakat. Dampaknya terjadi inflasi dan kemiskinan meningkat,”terang Loupatty.

Sementara itu, Kepala OPD Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Papua, Max Olua, S.Sos, M.Si mengaku, dari hasil pertemuan dengan kementerian dan lembaga terkait beberapa waktu di Jakarta maka provinsi di Indonesia diminta untuk mengevaluasi ekspor termasuk Papua.

“Pada pertemuan tersebut kami laporkan bahwa Papua sudah melakukan ekspor dengan dua komiditi yakni kehutanan dan beras,”bebernya.

Untuk itu, Max berharap kepada OPD terkait agar dapat mengola dan memproduksi komoditi lokal yang dianggap unggulan agar dapat di ekspor.

“Masih banyak sektor yang merupakan komoditi unggulan di daerah perlu kita galakkan dan tingkatakan untuk memacu ekspor Papua,”katanya.

Dan dalam meningkatkan ekpsor Papua, Max Olua meminta semua OPD terkait agar dapat duduk bersama.

“Untuk itu, kami di tingkat OPD perlu duduk bersama untuk mendalami masalah ini terkait ekspor komoditi daerah,”tambahnya lagi. (ing/rm)

LEAVE A REPLY